UMM Institutional Repository

MAKNA TELEPON GENGGAM BAGI PELAJAR (Studi Deskriptif pada Pelajar di SMA Negeri 1 Tapen)

Sujatmiko, (2012) MAKNA TELEPON GENGGAM BAGI PELAJAR (Studi Deskriptif pada Pelajar di SMA Negeri 1 Tapen). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--sujatmiko0-28032-2-babi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--sujatmiko0-28032-1-pendahul-n.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Bagi seorang pelajar ternyata telepon genggam mempunyai makna lebih dari sekedar alat komunikasi biasa, ada makna lain yang bisa didapat dari penggunaan telepon genggam di dalam kehidupan sehari-hari mereka yang berkaitan dengan gaya hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis makna telepon genggam bagi pelajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode ini dipilih karena persoalan yang digali adalah persoalan makna. Alasan pemilihan pelajar SMA Negeri 1 Tapen sebagai informan karena SMA Negeri 1 Tapen merupakan SMA unggulan di Bondowoso dan terdiri dari berbagai lapisan atau strata sosial ada didalamnya serta adanya peraturan tertulis yang melarang penggunaan telepon genggam di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu induksi, interpretasi data dan konseptualisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pelajar memberikan pemaknaan yang berbeda terhadap telepon genggam yang mereka miliki. Pelajar mengonsumsi telepon genggam hanya untuk memenuhi kebutuhan secara langsung yaitu kebutuhan akan komunikasi antar pribadi baik itu telepon atau short message service. Telepon genggam dalam pemaknaan simbolik pada pelajar, telepon genggam bukan lagi dijadikan sebagai alat komunikasi saja namun lebih dari itu telepon genggam digunakan sebagai citra dan identitas diri seseorang. Beberapa pelajar membeli telepon genggam yang sedang tren dengan alasan utama supaya terlihat gaul, memiliki rasa percaya diri di depan teman-temannya, dan menunjukkan siapa dirinya kepada orang lain. Telepon genggam menjadi barang yang sangat penting dalam kehidupan karena di dalamnya ada fitur-fitur yang membuat mereka tidak dapat melepaskan diri darinya. Telepon genggam kemudian menimbulkan gaya hidup konsumtif, dari sisi waktu uang maupun tempat. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa telepon genggam selain sebagai alat komunikasi juga menjadi nilai guna dan nilai simbolik. Telepon genggam mengandung ekspresi gaya dan gaya hidup, prestise, kehormatan, kemewahan yang diperoleh atau yang melekat dalam telepon genggam baik secara fisik maupun fungsi. Telepon genggam menjadi satu benda material yang memberikan efek simbolik berupa identitas bagi penggunanya.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Postgraduate > Master of Sociology (69001)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 23 May 2016 04:05
Last Modified: 23 May 2016 04:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30530

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo