UMM Institutional Repository

KONSELING KELOMPOK DENGAN CHOICE THEORY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

Hardiansyah, Eko (2013) KONSELING KELOMPOK DENGAN CHOICE THEORY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekohardian-30855-2-babi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekohardian-30855-1-pendahul-n.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Motivasi berprestasi siswa adalah dorongan siswa memperoleh prestasi belajar. Rendahnya motivasi berprestasi ini bisa berpengaruh terhadap rendahnya prestasi belajar. Karena itu, perlu dilakukan upaya agar bisa meningkatkan Motivasi berprestasi ini. Konseling kelompok merupakan konseling dengan memanfaatkan kelompok dalam mengajarkan klien tentang bagaimana berfikir, merencanakan, dan berperilaku secara lebih efektif yang dihipotesiskan mampu meningkatkan Motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui efektivitas konseling kelompok dengan choice theory dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental terhadap 18 orang siswa yang mengalami prestasi belajar rendah. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok control dan kelompok eksperimen. Pada kelompok control, peneliti tidak memberikan perlakuan. Sedangkan terhadap kelompok eksperimen, peneliti memberikan perlakuan berupa konseling kelompok dengan choice theory. Analisa data dilakukan terhadap hasil pretes dan posetes motivasi berprestasi siswa dengan menggunakan analisis kovarian (anakova). Hasil analisa menunjukkan bawah ada perbedaan antara kelompok control dengan eksperimen dengan nilai F(2,15) = 5,545; p = 0,033; p < 0,05; ƞ² = 0,27, sehingga hipotes bahwa ada perbedaan motivasi berprestasi siswa yang mengalami prestasi belajar rendah berdasarkan keikutsertaan dalam konseling kelompok dengan choice theory, diterima. Dengan demikian perlakuan konseling kelompok dengan choice theory yang diberikan terbukti mampu meningkatkan motivasi berprestasi siswa dengan prestasi belajar rendah dalam kelompok eksperimen. Sumbangan perlakuan ini dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa dengan prestasi belajar rendah adalah 27%.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate > Master of Psychology (73103)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 23 May 2016 03:44
Last Modified: 23 May 2016 03:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30527

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo