UMM Institutional Repository

RELAKSASI KESADARAN INDERA UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN PENDERITA PENYAKIT DIABETES

Ayunsari, Baiq Ratna (2013) RELAKSASI KESADARAN INDERA UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN PENDERITA PENYAKIT DIABETES. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-baiqratnaa-33498-2-babi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-baiqratnaa-33498-1-pendahul-n.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Diabetes mellitus adalah kondisi saat produksi insulin sel beta pancreas terganggu atau respon organ target berkurang. Akibatnya kemampuan tubuh melakukan metabolism glukosa menurun dan kadar gula darah meningkat tajam. Dalam jangka panjang, kondisi ini merusak berbagai organ tubuh. Pasien diabetes mellitus beresiko terkena penyakit jantung karena diabetes mendorong aterosklorosis atau terjadinya plak pada pembuluh darah. Penyakit diabetes mellitus adalah penyakit yang kronik dan tidak bisa sembuh sempurna, perlu perawatan seumur hidup, dan dapat menimbulkan perubahan psikologis yang mendalam pada penderita, keluarga dan kelompok sosialnya. Individu yang terkena label diabetes melittus harus memakai label tersebut seumur hidupnya. Penderita diabetes mellitus harus selalu menjaga pola makan, olah raga rutin, melakukan check-up, bahkan dapat dikatakan harus merubah seluruh pola hidupnya. Hal ini menyebabkan penderita diabetes mengalami kecemasan. Relaksasi dapat digunakan sebagai active coping skill jika digunakan untuk mengajar individu kapan dan bagaimana menerapkan relaksasi di bawah kondisi yang diinginkan, misalnya digunakan untuk mengurangi gangguan insomnia, mengurangi kecemasan atau untuk membuat tubuh istirahat sejenak. Apabila Individu melakukan relaksasi ketika ia mengalami ketegangan atau kecemasan, maka reaksi-reaksi fisiologis yang dirasakan individu akan berkurang, sehingga la akan merasa rileks. Penelitian ini merupakan penelitian kasus tunggal. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain ABA. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua orang yang didiagnosa menderita penyakit diabetes mellitus dan mengalami kecemasan. Pemilihan subjek yang mengalami kecemasan dilihat dengan menggunakan Subjective Units of Discomfort Scale (SUDs) dan Beck Anxiety Inventory (BAI). Penelitian dilakukan mulai dari pra terapi, terapi, pasca terapi, dan follow up selama 7 sesi dan satu minggu untuk memantau kondisi subjek setelah terapi dihentikan. Pada penelitian ini menggunakan dua subjek laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relaksasi kesadaran indera mampu menurunkan kecemasan yang dirasakan oleh pasien penderita penyakit diabetes mellitus.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate > Master of Psychology (73103)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 23 May 2016 03:07
Last Modified: 23 May 2016 03:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30513

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo