UMM Institutional Repository

HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN KECENDERUNGAN PEMILIHAN MEDIA SEBAGAI SUMBER INFORMASI ( Study pada Masyarakat Sawojajar RW. 14 Kel. Madyopuro Kec. Kedungkandang )

KRISTININGSIH, DIAH (2010) HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN KECENDERUNGAN PEMILIHAN MEDIA SEBAGAI SUMBER INFORMASI ( Study pada Masyarakat Sawojajar RW. 14 Kel. Madyopuro Kec. Kedungkandang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2010-diahkristi-19069-Pendahul-..pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2010-diahkristi-19069-BAB+I.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Media massa sekarang ini sudah berkembang sangat pesat. Sudah begitu banyak jenis media massa, mulai dari yang sederhana atau masih tradisional sampai dengan yang sudah sangat modern. Permasalahannya adalah dari begitu banyaknya media massa sebagai sumber informasi, bagaimana masyarakat bisa memilih untuk menggunakan yang mana. Dan apa faktor-faktor yang menjadi latar belakang mereka dalam memilih media massa tersebut sebagai sumber informasi. Hal yang bisa menjadi salah satu faktornya adalah staus sosial ekonomi masyarakat. Status sosial ekonomi adalah suatu kedudukan yang diatur secara sosial dan menempatkan seeorang pada posisi tertentu di dalam struktur sosial masyarakat. Atau dengan kata lain status sosial ekonomi bisa dimaksudkan sebagai situasi dan kondisi seseorang dalam suatu lingkup masyarakat. Semakin tinggi status sosial masyarakat maka mungkin saja akan semakin tinggi pula kecenderungan pemilihan media massanya sebagai sumber informasi. Dari pemikiran tersebut, peneliti merumuskan rumusan penelitian ini yaitu: Seberapa kuat hubungan status sosial ekonomi dengan kecenderungan pemilihan media sebagai sumber informasi? Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara status sosial ekonomi dengan kecenderungan pemilihan media. Tipe penelitian yang digunakan adalah survei eksplanatif yaitu penelitian untuk mengetahui situasi atau kondisi tertentu terjadi atau apa yang mempengaruhi terjadinya sesuatu serta manguji hubungan antara variabel yang dihipotesiskan dengan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah masyarakat RT.01 RW.14 Kelurahan Madyopuro Kecamatan Kedung Kandang. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 42 orang responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Kemudian peneliti menyebarkan kuesioner sebagai alat pengumpul data primer. Kuesioner tersebut diuji tingkat validitasnya dengan menggunakan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitasnya dengan teknik alpha. Teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan product moment correlation untuk menguji hubungan status sosial ekonomi dengan kecenderungan pemilihan media sebagai sumber informasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji korelasi product moment didapatkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,561 yang menunjukkan adanya hubungan variabel X dan variabel Y apabila dibandingkan dengan nilai r tabel sebesar 0,304. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa r hitung > r tabel, sehingga dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara status sosial ekonomi sebagai variabel independent dengan kecenderungan pemilihan media sebagai sumber informasi sebagai variabel dependent dan mempunyai pengaruh yang nyata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 23 May 2016 02:29
Last Modified: 23 May 2016 02:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30499

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo