UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA MATEMATIKA

Mahmud, Zakiah (2012) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA MATEMATIKA. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--zakiahmahm-27755-2-babi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--zakiahmahm-27755-1-pendahul-n.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Zakiah Mahmud (2011). Efektifitas Metode Pembelajaran Cooperative Make a Match dalam Meningkatkan Minat Siswa pada Matematika. Tesis Fakltas Psikologi niversitas Muhammadiyah Malang, Pembimbing (I) Dr. Latipn, M.Kes, pembimbing (2) Drs. Tulus Winarsunu, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran cooperative make a match dalam meningkatkan minat siswa pada matematika. Pembahasan difokuskan pada bagaimana meningkatkan minat siswa dalam kegiatan pembelajaran. Minat merupakan salah satu faktor intern yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, sehingga perlu diupayakan untuk ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat siswa pada kegiatan belajar mengajar adalah dengan menerapkan berbagai metode pembelajaran yang lebih variatif dan kooperatif, yang salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative make a match. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian nonrandomized control group pretest-postest design. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 39 orang yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen berjumlah 19 orang dan kelompok kontrol berjumlah 20 orang. Kelompok eksperimen diberikan intervensi berupa metode pembelajaran cooperative make a match, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan intervensi. Intervensi diberikan sebanyak empat kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam mengukur minat siswa pada matematika adalah kuesioner skala minat. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif dengan uji-t tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran cooperative make a match terbukti dapat meningkatkan minat siswa pada matematika. Dari hasil uji-t diketahui bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan dalam peningkatan minat antara kelompok eksperimen (mean = 22,58) dengan kelompok kontrol (mean = 0,85). Implikasi dari penelitian ini adalah metode pembelajaran cooperative make a match merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan minat siswa pada matematika sehingga dapat dijadikan sebagai metode alternative bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate > Master of Psychology (73103)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 23 May 2016 01:44
Last Modified: 23 May 2016 01:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30493

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo