UMM Institutional Repository

TEKNIK RELAKSASI KESADARAN INDERA DAN SELF TALK UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN DITINGGALKAN PASANGAN

Mirwani, Shofi (2012) TEKNIK RELAKSASI KESADARAN INDERA DAN SELF TALK UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN DITINGGALKAN PASANGAN. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--shofimirwa-27843-2-babi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--shofimirwa-27843-1-pendahul-n.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Dra. Cahyaning Suryaningrum, M.Si, ; (2) M. Salis Yuniardi, S.Psi, M.Psi. Kecemasan merupakan suatu respon emosi normal dimiliki seseorang ketika menghadapi situasi tertentu, namun banyak pemicu munculnya kecemasan dan salah satunya ketika seseorang berfikir pasangan akan meninggalkannya. Jika seseorang dihadapkan pada kecemasan dan memberikan respon secara berlebihan maka akan berubah menjadi abnormal karena melebihi dari kapasitas umumnya. Jika dilihat pada tiga komponen dari kecemasan yaitu kognitif, emosional dan fisiologis, maka ketika pemikiran negatif muncul dengan adanya ketakutan berlebihan akan ditinggalkan pasangan menyebabkan seseorang menjadi lupa diri hingga ada yang jatuh pingsan atau marah, dan mengalami beberapa reaksi fisik seperti mual, pusing serta berkeringat dingin dan akhirnya akan menimbulkan kecemasan. Oleh karena itu peneliti ingin melihat apakah teknik relaksasi kesadaran indera dan self talk dapat mereduksi kecemasan ditinggalkan pasangan yang dirasakan subyek. Penelitian ini menggunakan single case dengan rancangan penelitian case study. Adapun subyek dalam penelitian ini seorang wanita mengalami kecemasan dengan memunculkan reaksi fisik dan emosi karena memiliki keyakinan yang kuat mengenai pemikiran negatifnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstrukstur, observasi dan self monitoring yang dilakukan pada pra terapi, selama proses terapi, setelah proses terapi, dan tindak lanjut atau follow up. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik relaksasi kesadaran indera dan self talk dapat mereduksi kecemasan ditinggalkan pasangan. Relaksasi kesadaran indera dapat menurunkan kecemasan dari segi fisik dan emosi sehingga membantu subyek untuk dapat lebih nyaman dan rileks. Penurunan ini dapat dilihat dari hasil SUDs, hasil pra terapi adalah 90 dan pada pasca terapi adalah 5. Begitu juga pada TMAS, hasil pra terapi adalah 35 sedangkan pasca terapi adalah 16. Sedangkan self talk mampu membantu subyek dalam mengatasi pemikiran negatif menjadi pemikiran yang rasional dan positif. Dilihat dari hasil proses terapi yang menunjukkan perubahan bentuk pikiran secara bertahap.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate > Master of Psychology (73103)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 23 May 2016 01:39
Last Modified: 23 May 2016 01:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30492

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo