UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI PADA KOMUNITAS HOMESCHOOLING SEKOLAH DOLAN KOTA MALANG

MULYADIN, EDI (2013) EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI PADA KOMUNITAS HOMESCHOOLING SEKOLAH DOLAN KOTA MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-edimulyadi-33686-2-babi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-edimulyadi-33686-1-pendahul-n.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan sekarang telah melupakan tujuan utama pendidikan yang mengembangkan pengetahuan, sikap, keterampilan secara simultan, seimbang dan telah memberikan porsi yang besar untuk pengetahuan, tetapi melupakan pengembangan sikap/nilai dan prilaku dalam pembelajarannya, akibatnya anak-anak banyak mengalami krisis nilai budi pekerti. Pembinaan budi pekerti pada pendidikan informal dapat diajarkan melalui pembinaan yang dilakukan oleh orang tua di rumah atau dengan pembelajaran sistem homeschooling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Bagaimana implementasi kebijakan pendidikan Budi Pekerti pada komunitas Homeschooling sekolah Dolan Kota Malang, 2) Kendala apa saja yang dihadapi dalam implementasi kebijakan pendidikan Budi Pekerti pada komunitas Homeschooling sekolah Dolan Kota Malang, 3) Bagaimana solusi yang di lakukan dalam meningkatkan efektivitas kebijakan pendidikan Budi Pekerti pada komunitas Homeschooling sekolah Dolan Kota Malang. Penelitian ini di lakukan pada Komunitas Homeschooling atau sekolah dolan yang ada di Vila Bukit Tidar A-4/209 Merjosari Malang. Response dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Pendidikan Kota Malang, Kepala Sekolah, Guru, Orang tua murid dan Siswa. Metode pengumpulan datanya menggunakan Metode Observasi, Metode Interview, Metode Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif yang di dukung oleh teori sebagai alat analisis hasil penelitian, yaitu teori implementasi kebijakan model Grindle. Hasil penelitian ini adalah Tingkat efektivitas iplementasi kebijakan pendidikan Budi Pekerti pada komunitas Homeschooling atau sekolah Dolan sudah efektif, semakin banyak siswa-siswi maka sosialisasi yang ada di sekolah dolan bisa lebih baik, semakin baik budi pekerti anak maka efektifitas dikatakan semakin tinggi. Kendalanya yaitu: bermacam-macam perbedaan watak dan sifat yang dimiliki oleh setiap anak, keterbatasan waktu di komunitas homeschooling, kurangnya konsistensi dengan jadwal, hubungan yang agak susah dengan beberapa orang tua anak, kurang pemahaman orang tua dalam mendidik anaknya, bradaptasi dan menyamakan ritme, serta susah untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain. Sedangkan solusinya yaitu: Guru melakukan pendekatan pada anak, proses belajar mengajar khususnya pendidikan Budi Pekerti pada komunitas Homeschooling dapat dilaksanakan di berbagai lokasi, jam dan tempat belajar lebih fleksibel dapat dilaksanakan dimanapun dan kapanpun, adanya fasilitas cukup lengkap, komunikasi/sharing baik dengan tatap muka maupun online (grup di FB), adanya kegiatan Parenting.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 21 May 2016 02:16
Last Modified: 21 May 2016 02:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30482

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo