UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA DI SMK NEGERI 3 MALANG

FAIZAH, (2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA DI SMK NEGERI 3 MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-faizah0837-33687-2-babi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-faizah0837-33687-1-pendahul-n.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Tingginya angka pengangguran di Indonesia mengharuskan pemerintah membuat kebijakan bahwa Pendidikan Kewirausahaan, wajib diberikan pada semua jenjang pendidikan. Pendidikan kewirausahaan ini diharapkan tidak hanya diberikan secara teori atau sekedar simulasi saja, namun yang penting adalah pendidikan prakteknya sehingga saat siswa menyelesaikan pendidikannya bisa menjadi seorang wirauasaha yang mandiri. Hal ini telah dilakukan oleh SMK Negeri 3 Malang dengan membuka kelas khusus yaitu Kelas Wirausaha, hal inilah yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis : 1) tes seleksi untuk masuk kelas wirausaha, 2) struktur kurikulum yang digunakan kelas wirausaha, 3) pelaksanaan pembelajaran produktif pada Kelas Wirausaha. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data yang digunakan merupakan data verbal dari informan tentang implementasi kebijakan pendidikan kewirausahaan. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan dengan teknik purposive sampling. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan Interactive Model Analysis Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah karena banyaknya siswa yang berminat untuk masuk menjadi siswa kelas wirausaha, maka perlu diadakan seleksi terhadap siswa. Arah dan tujuan pendidikan kewirausahaan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan, adalah memiliki nilai-nilai kewirausahaan, yaitu :1) mandiri, 2) kreatif, 3) berani mengambil resiko, 4) berorientasi pada tindakan, 5) kepemimpinan, 6) kerja keras. Nilai-nilai kewirausahaan ini selalu mewarnai pada implementasi pendidikan kewirausahaan dalam kegiatan Kelas Wirausaha di SMK Negeri 3 Malang.. Kurikulum dikembangkan mengacu pada kurikulum muatan nasional, dengan menambahkan jumlah jam mata pelajaran yang bisa memberikan penguatan pada nilai-nilai pembentukan watak seorang wirausaha. Program mata pelajaran normative dan adaptif diberikan dengan modul dan belajar mandiri, sampai semester 4. Kelas wirausaha diikuti oleh 24 siswa dan dibagi dalam 6 kelompok dan setiap kelompok dibawah binaan 1 guru pembimbing, sebagai modal awal mendapat pinjaman dari sekolah. Pada akhir masa belajar, siswa melaksanakan uji entrepreneur, jika lulus maka akan memperoleh Enterpreneur Certificate dengan predikat diamond, gold, silver atau bronze sesuai dengan omset yang diperolehnya melalui kegiatan mengelola usaha.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 21 May 2016 02:14
Last Modified: 21 May 2016 02:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30481

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo