UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN RESPONSIF GENDER DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MI SUNAN GIRI KOTA MALANG

Fauziyah, Nur Utami (2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN RESPONSIF GENDER DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MI SUNAN GIRI KOTA MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurutamifa-33691-2-babi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurutamifa-33691-1-pendahul-n.pdf

Download (752kB) | Preview

Abstract

Pendidikan sekolah dasar seharusnya bukan tempat untuk pembentukkan pola pikir yang membeda-bedakan antara laki-laki dan perempuan dari segi peran, kedudukan/posisi, jenis pekerjaan, dll. Dengan pengajaran yang bias gender, mereka akan terbiasa dengan pemikiran tersebut, pada akhirnya akan berdampak pada sikap dan perilaku mereka sehari-hari sehingga sampai mereka dewasa, menikah dan mempunyai anak, perilaku itu akan tetap terbawa. Jika masalah-masalah tersebut tidak segera diselesaikan dan terjadi pada masyarakat luas, maka di Indonesia akan tetap terjadi ketidaksetaraan dan ketidakadilan gender. Untuk mengatasi hal tersebut dan untuk meningkatkan peran madrasah dalam upaya pembangunan sektor pendidikan yang berkeadilan pemerintah mengeluarkan “Pedoman pelaksanaan pengarusutamaan gender di Madrasah Kementrian Agama Republik Indonesia”. Penelitian yang berjudul implementasi pendidikan responsif gender di MI Sunan Giri Kota Malang ini berdasarkan Permeneg Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak No. 11 tahun 2010 pasal 1 ayat 2. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran responsif gender oleh guru MI Sunan Giri, (2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran responsif gender di MI Sunan Giri Malang, 3) faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan kebijakan pendidikan responsif gender di MI Sunan Giri Kota Malang. Dengan pendekatan kualitatif dan quantitatif, penelitian ini menggunakan desain penelitian gender. Sedangkan teknik purposive digunakan untuk menentukan subjek penelitian. Lebih lanjut, pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara mendalam kepada Kepala Sekolah dan guru MI Sunan Giri Kota Malang. Untuk data penunjang penelitian dari observasi partisipan, angket dan dokumentasi. Dan keabsahan data dari pengecekan terhadap kriteria credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Dari penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Perencanaan pembelajaran di MI Sunan Giri masih belum sepenuhnya menunjukkan responsif gender karena materi pembelajaran yang digunakan masih mencerminkan bias gender, 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran, beberapa guru menunjukkan responsive gender dan sebagian lagi masih menunjukkan bias gender, 3) Penghambat pelaksanaan pembelajaran responsif gender dikarenakan pemahaman guru masih sangat terbatas tentang gender demikian pula pemahaman masyarakat sekitar sedangkan pendukung dari pelaksanaan pembelajaran ini karena adanya bantuan pembinaan dan pelatihan gender dalam pendidikan oleh LAPIS ELOIS untuk guru-guru madrasah.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 21 May 2016 02:09
Last Modified: 21 May 2016 02:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30477

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo