UMM Institutional Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM BERMUTU DI KABUPATEN HALMAHERA SELATAN (STUDI BANTUAN DANA LANGSUNG BAGI KELOMPOK GURU, KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH)

HALIL, ROHATI HI (2013) ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM BERMUTU DI KABUPATEN HALMAHERA SELATAN (STUDI BANTUAN DANA LANGSUNG BAGI KELOMPOK GURU, KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img] Text
jiptummpp-gdl-rohatihiha-33693-2-babi.pdf

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rohatihiha-33693-1-pendahul-n.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Berbagai pengamatan tentang guru dan hasil belajar siswa memberikan informasi betapa pentingnya berbagai strategi peningkatan mutu guru dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran yakni penguasaan materi dan ketrampilan mengajarkan materi akan lebih menentukan keberhasilan peningkatan mutu pembelajaran siswa dibanding dengan tingkat pendidikan, prestasi yang diperoleh oleh para guru. ini diperkuat dengan pengalaman Negara lain bahwa partisipasi dalam workshop, kursus dan pelatihan dapat secara signifikan meningkatkan mutu guru. Sehubungan dengan hal tersebut pemerintah pada tahun 2008 menggulirkan Program BERMUTU (Beter Education through Reformed Management and Universal Teacher Up-grading)” yang difokuskan pada upaya peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi dan kinerja guru yang secara langsung dikaitkan dengan peningkatan mutu pembelajaran di kelas. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan implementasi kebijakan program BERMUTU di Kabupaten Halmahera Selatan, 2) Mengindentifikasi faktor – faktor yang menjadi hambatan dan pendukung dalam implementasi program BERMUTU di Kabupaten Halmahera Selatan, 3)Mendesain strategi yang akan dilakukan untuk mengatasi hambatan hambatan dalam implementasi program BERMUTU di Kabupaten Halmahera Selatan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, lokasi penelitian di Kabupaten Halmahera Selatan dengan sumber data Penanggunjawab Program BERMUTU dan ke-23 Kelompok kerja penerima bantuan Program BERMUTU. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Organisasi pelaksana, prosedur penetapan kelompok kerja dan sosialisasi program sebagai pengenalan dan acuan dalam pelaksanaan suatu kebijakan telah dilaksanakan semestinya. Letak geografis, kejelasan tugas dan fungsi pelaksana program, dukungan politik dan muatan kebijakan lingkungan setempat yang mendukung adalah faktor-faktor yang menjadi tolak ukur kelancaran pelaksanaan suatu kebijakan. Untuk mengatasi hambatan dalam implementasi program BERMUTU di Kabupaten Halmahera Selatan dapat dilakukan dengan menjalin komunikasi yang baik antar komponen, Pemanfaatan Sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumberdaya pendukung serta pembagian tugas dan fungsi struktur organisasi yang jelas dan tegas.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 21 May 2016 02:06
Last Modified: 21 May 2016 02:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30475

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo