UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 DAGANGAN KABUPATEN MADIUN

HANDOKO, BAMBANG (2013) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 DAGANGAN KABUPATEN MADIUN. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bambanghan-30786-2-babi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bambanghan-30786-1-pendahul-n.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Pembimbing, (1) Dr. Arif Budi Wurianto, M.Si, (2) Drs. Hartono, M.Pd. Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dapat berjalan dengan baik dibutuhkan pengembangan perangkat pembelajaran, adapun perangkat pembelajaran adalah silabus, RPP, dan evaluasi belajar. Penelitian ini bertujuan: (1). Menjelaskan implementai kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam pengembangan silabus pembelajaran Biologi di SMP negaeri Dagangan. (2). Menjelaskan implementasi pengembangan Rencana pelaksanaan pembelajaran Biologi di SMP Negeri 1 Dagangan. (3). Menjelaskan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam pengembangan evaluasi hasil belajar biologi di SMP Negeri 1 Dagangan. Penelitian ini diadakan di SMP Negeri 1 Dagangan Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengeksplor fenomena – fenomena yang tidak dapat dikuantitatifkan yang bersifat deskriptif. informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, kepala urusan kurikulum, guru mata pelajaran biologi, serta team pengembang kurikulum. Data di kumpulkan dengan teknik wawancara, teknik observasi, teknik dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi, sumber, metode serta review informan. Analisa data menggunakan teknis dengan model interaktif, yang terdiri dari komponen pengumpulan data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan : (1). Implementasi KTSP dalam pengembangan silabus biologi berdasarkan PP no. 19 th 2005 tentang SNP. Pengembangan silabus biologi melalui tahap, perencanaan, pelaksanaan, perbaikan, pemantapan, penilaian. silabus berprinsip ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, kontekstual, fleksibel dan menyeluruh. (2). Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam pengembangan RPP berdasarkan PP. No. 19 tahun 2005 tentang SNP.Pengembangan RPP berprinsip kompetensi dalam RPP sudah jelas, konkrit, mudah diamati, cukup sederhana, fleksibel dan dapat dilaksanakan dalam kegiatan belajar mengajar. RPP yang disusun sesuai KD yang ditetapkan dan jelas pencapaiannya. Dalam dokumentasi RPP sudah sesuai format dan komponennya. (3). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam pengembangan Evaluasi hasil belajar biologi berdasarkan PP No. 19 tahun 2005 tentang SNP. Pengembangan evaluasi hasil belajar biologi dengan mengambil langkah – langkah perencanaan, penyusunan alat penilaian, pengumpulan informasi melalui sejumlah bukti yang menunjukkan pencapaian hasil belajar peserta, berprinsip memiliki validitas, reliabilitas, menyeluruh, berkesinambungan, obyektif dan mendidik.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 21 May 2016 01:39
Last Modified: 21 May 2016 01:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30470

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo