UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PROGRAM AKSELERASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA MADIUN

JULIARTI, DEWI (2013) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PROGRAM AKSELERASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA MADIUN. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewijuliar-30787-2-babi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewijuliar-30787-1-pendahul-n.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewijuliar-30787-1-pendahul-n.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: Dr. Arif Budi Wuriyanto, M.Si., dan Drs. Hartono, M.Pd. Pendidikan selain sebagai proses transfer ilmu dari pengajar kepada peserta didik, juga diharapkan mampu menghantarkan peserta didik menjadi pribadi yang unggul, mampu menghadapi kelangsungan hidupnya di masa yang akan datang secara cerdas, kreatif, inovatif, dan mandiri. Berkaitan dengan pendidikan anak berbakat atau anak yang memiliki kecerdasan luar biasa, telah dinyatakan dalam Undang-Undang No. 20 tahun 2003 pasal 5 ayat 4. Sebagai tindak lanjut MAN 2 Kota Madiun menyelengarakan program akselerasi dengan pengelolaan secara khusus, kurikulum berdiferensiasi, serta penyelenggaran manajemen pendidikan yang efisien dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen program akselerasi yang meliputi: pengembangan kurikulum, struktur program, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana serta sistem evaluasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Untuk menjamin keabsahan penelitian, teknik pengumpulan data dilakukan melalui: observasi, dokumentasi, dan wawancara secara mendalam dengan kepala sekolah, waka kurikulum, ketua program akselerasi, guru dan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun telah menerapkan manajemen pembelajaran program akselerasi dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dari semua proses manajemen pembelajaran telah dijalankan secara maksimal. Dalam perencanaan dilakukan perekrutan siswa, guru membuat program pembelajaran khusus program akselerasi. Dalam pembinaan dan layananan bimbingan konseling siswa diarahkan untuk dapat menjaga terjadinya keseimbangan dan keserasian dalam perkembangan intelektual, emosional, dan sosial. Dalam pengorganisasian dilakukan penyediaan guru yang kompeten dan profesional, dibentuk pengurus program kelas akselerasi, kurikulum yang disusun berdeferensiasi, strategi aktif learning, serta penyediaan sarana dan prasarana yang relevan. Dalam pergerakan siswa belajar secara mandiri dengan menggunakan metode modul, diskusi, penugasan, serta penggunaan sarana dan prasarana berupa internet, laboratorium, perpustakaan secara maksimal. Sedangkan dalam evaluasi pembelajaran dilakukan dalam bentuk ulangan harian, ulangan semester, dan ujian nasional dengan waktu yang lebih cepat.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 21 May 2016 01:37
Last Modified: 21 May 2016 01:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30469

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo