UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS) (STUDI DI SMA NEGERI 1 DOLOPO KABUPATEN MADIUN)

ISMINI, (2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS) (STUDI DI SMA NEGERI 1 DOLOPO KABUPATEN MADIUN). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ismini2010-30897-2-babi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ismini2010-30897-1-pendahul-n.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Kebijakan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) merupakan suatu bentuk desentralisasi pengelolaan pendidikan yang dipilih dengan tujuan untuk memandirikan sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan. Kebijakan ini diimplementasikan dengan menerapkan manajemen yang transparan, pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan (PAKEM) dan melibatkan peran serta masyarakat/komite sekolah. Penelitian ini bertujuan menjelaskan: (1) implementasi kebijakan MPMBS dalam hal keterbukaan manajemen sekolah; (2) implementasi kebijakan MPMBS yang berhubungan dengan PAKEM dalam menuju sekolah yang efektif dan unggul; (3) peran serta masyarakat dalam implementasi kebijakan MPMBS; (4) kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi MPMBS; dan (5) upaya-upaya yang ditempuh untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam implementasi kebijakan MPMBS di SMA N 1 Dolopo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan metode ini peneliti menggali informasi secara ilmiah tentang pelaksanaan MPMBS di SMA N 1 Dolopo. Sumber data utama adalah kata-kata dan tindakan dari kepala sekolah, guru, komite sekolah dan peserta didik. Teknik dalam penggalian data adalah melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan informasi mengenai keterbukaan manajemen di SMA N 1 Dolopo; PAKEM sebagai strategi pembelajaran dalam menuju sekolah yang efektif dan unggul; keterlibatan masyarakat yang meningkat; kendala yang dihadapi; serta upaya yang ditempuh untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam implementasi kebijakan MPMBS. Kendala yang dihadapi diantaranya: (1) kemajuan pendidikan dengan biaya yang tinggi; (2) SDM yang rendah; dan (3) peran serta masyarakat yang belum optimal. Upaya yang ditempuh untuk menghadapi hambatan antara lain: (1) menerapkan praktek school based management; (2) SDM harus lebih ditingkatkan melalui pendidikan; dan (3) stakeholder harus mempunyai kesatuan persepsi transparasi serta akuntabilitas. Dari hasil penelitian tersebut disampaikan saran/rekomendasi sebagai landasan dalam pengambilan keputusan, dan umpan balik bagi perbaikan dan pengembangan implementasi kebijakan MPMBS.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 May 2016 09:17
Last Modified: 20 May 2016 09:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30458

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo