UMM Institutional Repository

ANALISIS PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PEMBELAJARAN ANAK AUTIS DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBERSARI I KOTA MALANG

ADIYAH, HELINA TUSA (2013) ANALISIS PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PEMBELAJARAN ANAK AUTIS DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBERSARI I KOTA MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-helinatusa-30896-2-babi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-helinatusa-30896-1-pendahul-n.pdf

Download (660kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Inklusi yang dicanagkan oleh Pemerintah, adalah sebagai suatu sistem yang layanan pendidikan mengikut sertakan Anak Berkebutuhan Khusus belajar bersama dengan anak sebayanya di sekolah reguler yang berdekatan dengan tempat tinggalnya. Berdasarkan hal tersebut di atas, penulis mengadakan penelitian di SDN Sumbersari 1 kota Malang dengan pendekatan kualitatif. Penelitian untuk mengungkap dan memaparkan: (1) Cara menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran untuk anak autis di SDN Sumbesari 1 Malang.(2) Bentuk pelaksanaan pembelajaran bagi anak autis Di SDN Sumbersari 1 Malang. (3) Cara evaluasi pembelajaran anak autis di SDN Sumbersari 1 Kota Malang. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: Penyelenggaraan sekolah inklusi serta pengaturan manajerial penyelenggaraan sekolah inklusi di SDN Sumbersari 1 sudah ada tim yang menangani dan bekerjasama dengan pihak dari UMM, maupun lembaga lain. (1) Persiapan model perencanaan pembelajaranya yang bernama PPI (Program Pengajaran Individual) bagi masing-masing siswa berdasarkan kemampuanya. (2) Pelaksanan Pembelajaran Anak Autis bersama-sama dengan anak-anak reguler pada umumnya, berdasarkan PPI yang sudah disusun. (3) Evaluasi yang dilakukan ada dua macam yaitu pertama, ketika menjadi calon siswa SDN Sumbersari 1, dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik/ memetakan mereka dalam penggolongan ABK. Kedua evaluasi pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa autis, dan evaluasi tersebut dilakukan oleh GPK. Bertitik tolak dari penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan kwalitas pendidikan bagi anak ABK khususnya Autis. (1) Persiapan pembelajaran bentuk PPI hendaknya selalu disediakan oleh GPK. (2) Meningkatkan pengetahuan guru tetntang pemahaman anak ABK khususnya Autis agar penanganan dalam pembelajaran tepat. (3) Evaluasi sebaiknya teradministrasi dengan baik di dalam PPI yang telah disediakan oleh guru GPK.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 May 2016 09:15
Last Modified: 20 May 2016 09:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30457

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo