UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS KETERAMPILAN SISWA SMKN 3 MALANG

Afiah, (2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS KETERAMPILAN SISWA SMKN 3 MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-afiah09370-33321-2-babi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-afiah09370-33321-1-pendahul-n.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Praktik kerja industri (Prakerin) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengembangan kegiatan pembelajaran program keahlian. Pelaksanaan prakerin sebagai upaya mengenalkan dunia kerja yang kelak akan ditekuni siswa. Setelah prakerin, diharapkan siswa lebih meningkat keterampilannya, wawasan, tanggung jawabnya, mudah diterima di dunia kerja . Jika kelak siswa bekerja yang sesuai dengan program keahliannya, siswa mampu menjadi tenaga kerja yang profesional dan kompeten di bidangnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menginterpretasikan hal-hal yang berkaitan dengan implementasi praktik kerja industri, faktor pendukung, faktor kendala, dampak prakerin bagi peningkatan kualitas siswa, dan strategi dan kebijakan sekolah dalam implementasi prakerin. Sedangkan pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif diskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan dengan memperhatikan jabatan (kedudukan), fungsi, dan tanggung jawab, dengan proses penyelenggaraan pendidikan kejuruan yang menggunakan model Prakerin. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya, kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian implementasi prakerin adalah pelaksanaan prakerin untuk tiap-tiap program keahlian lamanya sama, tapi jadwalnya yang berbeda, siswa melaksanakan pre on the job training (ojt) sebelum prakerin, dengan prakerin siswa lebih mudah mendapatkan pekerjaan, sistem penilaian pada prinsipnya yaitu ingin memberikan aspirasi pada siswa sesuai dengan kemampuan siswa, sasaran kerja sama sebagai tim penguji ujian nasional produktif, lomba LKS (lomba keterampilan siswa), sinkroniasi kurikulum, tugas dan tanggung jawab industri adalah mendukung semua program sekolah, fungsi industri adalah membantu pengembangan kurikulum yang relevan bersama sekolah. Faktor pendukung industri membantu siswa lebih mandiri, bertanggung jawab. Faktor yang menjadi kendala adalah jadwal prakerin yang tidak pasti, kompetensi yang tersedia di industri tidak sesuai dengan kompetensi siswa. Dampak prakerin bagi siswa adalah lebih meningkatkan skill, wawasan, bertanggung jawab. Strategi dan kebijakan sekolah dengan meningkatkan kerjasam dengan orangtua siswa agar ikut memantau kondisi siswa selama prakerin.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 May 2016 09:08
Last Modified: 20 May 2016 09:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30455

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo