UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW DAN MULTILEVEL PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMK NEGERI 10 MALANG

AZIS, ABDUL (2013) ANALISIS PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW DAN MULTILEVEL PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMK NEGERI 10 MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulazis0-33727-2-bab1.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulazis0-33727-1-pendahul-n.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, menentukan apakah ada perbedaan hasil pembelajaran antara siswa yang diberi pembelajaran dengan model Jigsaw dengan siswa yang diberi pembelajaran model multilevel serta untuk menentukan model manakah yang lebih efektif di antara model Jigsaw dan model pembelajaran Multilevel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan untuk melihat/menelaah aktifitas belajar siswa selama pembelajaran dan keaktifan siswa, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan terhadap hasil tes untuk melihat perbedaannya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X tahun pelajaran 2010-2011. Sedangkan sampel yang terpilih adalah siswa kelas X jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) sebanyak dua kelas yaitu X TKR 2 dan X TKR 5. Teknik analisis data yang digunakan adalah anova dengan Analisis Varians Dua Jalan (Two-Way Analisys of Variance). Hasil rata-rata secara individu menunjukkan kategori aktif. Dari jumlah 70 siswa yang berasal dari dua kelas diperoleh keaktifan berproses sebagai berikut: 61 siswa masuk dalam kategori aktif, dan 9 siswa dalam kategori cukup aktif. Dari jumlah 70 siswa yang berasal dari dua kelas diperoleh keterampilan berproses sebagai berikut: 61 siswa masuk dalam kategori terampil, dan 9 siswa dalam kategori tidak terampil. Mean skor rata-rata 10,9 artinya rata-rata siswa cenderung aktif dalam mengikuti KBM (kegiatan belajar mengajar). Nilai rata-rata 87,14 berada pada kategori aktif. Variabel keaktifan berproses bersifat cendrung tidak homogen. Berdasarkan diskripsi tersebut secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa pada saat KBM (kegiatan belajar mengajar) berlangsung siswa mempunyai keaktifan yang berbeda-beda, yaitu 87,14% kategori aktif, dan 12,86% kategori cukup aktif. Dan berdasarkan diskripsi tersebut secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa pada saat KBM (kegiatan belajar mengajar) berlangsung siswa mempunyai keterampilan yang berbeda-beda, yaitu 81,05% kategori terampil, dan 12,86% kategori tidak terampil. Berdasarkan uji anova diperoleh nilai signifikan (probabilitas adalah 0,000 (0,000 < 0,05)), maka Ho ditolak dan H1 diterima dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan rata-rata hasil belajar yang berbeda. Hasil belajar siswa dengan model jigsaw dibandingkan hasil belajar siswa dengan model multilevel diperoleh nilai sebesar 0,011 (0,011 < 0,05), artinya hasil belajar siswa dengan model jigsaw berbeda dengan hasil belajar model multilevel. Pada hasil analisis data, didapatkan mean model jigsaw (mean = 8,13) lebih kecil dari pada mean model multilevel (mean = 8,14), diperoleh angka signifikansi 0,048 untuk model multilevel dan model Jigsaw memperoleh angka signifikansi 0,060. Hal ini berarti bahwa model multilevel lebih efektif dibanding model Jigsaw. Berdasarkan hasil analisis disarankan (1). Model pembelajaran Jigsaw dan model Multilevel dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika. (2) Agar situasi proses KBM menunjukkan adanya keaktifan, maka perlu dipilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, potensi siswa dan kondisi lingkungan serta perlu dilakukan diskusi kelompok untuk meningkatkan kerjasama, toleransi dan kepemimpinan. (3) bagi peneliti yang lain yang ingin mengembangkan penelitian yang berhubungan dengan metode pembelajaran ini diharapkan untuk membahas lebih mendalam dan dalam lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 May 2016 08:41
Last Modified: 20 May 2016 08:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30448

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo