UMM Institutional Repository

ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PELAJARAN MUATAN LOKAL DI SMPN 2 SINGOSARI KABUPATEN MALANG

BUDAYANI, (2013) ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PELAJARAN MUATAN LOKAL DI SMPN 2 SINGOSARI KABUPATEN MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-budayani08-33728-2-babi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-budayani08-33728-1-pendahul-n.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah modal utama bagi suatu bangsa dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya. Sumber daya manusia yang berkualitas akan mampu mengelola sumber daya alam dan dapat memberi layanan secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun hal ini sulit terwujud apabila orang yang mendapat tugas untuk mencerdaskan anak-anak bangsa ini yaitu guru belum memiliki kompetensi professional dalam menjalankan tugasnya. Fokus penelitian ini adalah (1) kompetensi profesional guru pelajaran muatan lokal elektronika dan pembukuan di SMPN 2 Singosari, (2) kebijakan sekolah terhadap penetapan guru pelajaran muatan lokal elektronika dan pembukuan di SMPN 2 singosari, (3) kendala dalam mencapai kompetensi guru pelajaran elektronika dan pembukuan di SMPN 2 Singosari. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran umum kompetensi profesional guru muatan lokal dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, desain penelitian menggunakan metode pengumpulan data, yakni: observasi partisipatorik, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Data dianalisa dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, penyajian data, mereduksi data atau merangkum, dan penarikan kesimpulan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus 2010 dan lokasi yang dipilih adalah SMPN 2 Singosari alamat Jalan Klampok nomor 243 Singosari Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian tentang kompetensi professional guru muatan lokal di SMPN 2 Singosari Malang dapat disimpulkan bahwa: pertama, guru memahami materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah, guru sudah membuat perangkat pembelajaran yaitu silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran untuk mendukung proses belajar mengajar. Kedua, kebijakan penetapan guru muatan lokal dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan tenaga guru pengajar yang disesuaikan dengan kualifikasi akademik atau masih relevan antara tugas mengajar dengan pengalaman pendidikannya. Kendala dalam pelaksanaan proses belajar mengajar muatan lokal antara lain belum terpenuhinya sarana dan prasarana pembelajaran, kurangnya media pembelajaran, buku-buku penunjang materi pelajaran yang ada diperpuskaan belum tersedia, ruang ketrampilan sebagai ruang praktek muatan lokal belum tersedia. Hasil penelitian yang sudah dilaksanakan dapat diketahui dan diambil langkah-langkah perbaikan antara lain:). Pembuatan perangkat pembelajaran perlu ada pelatihan atau workshop agar dapat melengkapi pembuatan perangkat pembelajaran. Guru muatan lokal perlu mengikuti MGMP untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 May 2016 08:40
Last Modified: 20 May 2016 08:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30447

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo