UMM Institutional Repository

DAMPAK KEBIJAKAN UJIAN NASIONAL TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM MATEMATIKA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO

ANGGRAENI, DWI (2013) DAMPAK KEBIJAKAN UJIAN NASIONAL TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM MATEMATIKA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwianggrae-33729-2-babi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwianggrae-33729-1-pendahul-n.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Ujian Nasional merupakan kebijakan pemerintah yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1950 dengan istilah Ujian Penghabisan sampai sekarang dengan istilah Ujian Nasional, dimana Ujian nasional merupakan bentuk evaluasi yang dilaksanakan pemerintah sebagai standar kelulusan pada tingkat Pendidikan Dasar sampai tingkat Pendidikan Menengah. Jika standar kelulusan ditentukan oleh nilai UN maka sudah jelas bahwa SKL, Isi, Proses dan Evaluasi pendidikan akan mengacu pada UN, hal tersebut juga diberlakukan pada SMK. Sedangkan tujuan penyelenggaraan SMK adalah menghasilkan siswa untuk mampu bekerja, artinya semua mata pelajaran termasuk matematika juga mengacu pada kebutuhan dunia kerja. Dengan demikian pemberlakuan UN pada SMK juga akan mempengaruhi isi, proses, cara dan evaluasi matematika termasuk pada pengembangannya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Dampak Kebijakan Ujian Nasional Terhadap Kurikulum Matematika Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 3 Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data ditentukan denga kredibilitas, transferabilitas, dipendabilitas dan konfirmabilitas. Dampak dari kebijakan UN terhadap pengembangan kurikulum Matematika Program Keahlian Tata Busana Sekolah Menengah Kejuruan SMK Negeri 3 adalah terjadinya penambahan jam pembelajaran, Standar Kompetensi Lulusan mengacu pada Standar Kompetensi Ujian Nasional, dan Urutan penyampaian materi yang tidak sesuai dengan tata urutan penyampaian materi matematika, yang menyebabkan tujuan penyelenggaraan SMK yang sebenarnya tidak tercapai. Dengan melihat fakta di lapangan, maka diharapkan bahwa pemerintah harus mengkaji ulang kebijakan pendidikan terutama pelaksanaan UN bagi siswa SMK. Kata Kunci: Dampak, Ujian Nasional, Pengembangan Kurikulum Matematika

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 May 2016 08:38
Last Modified: 20 May 2016 08:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30446

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo