UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERMENDIKNAS NO. 70 TAHUN 2009 TENTANG TUGAS GURU PEMBIMBING KHUSUS PADA PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI SE-KECAMATAN JUNREJO – BATU

Indriawati, Prita (2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERMENDIKNAS NO. 70 TAHUN 2009 TENTANG TUGAS GURU PEMBIMBING KHUSUS PADA PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI SE-KECAMATAN JUNREJO – BATU. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pritaindri-33732-2-babi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pritaindri-33732-1-pendahul-n.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Upaya pemerintah dalam mewujudkan pendidikan untuk semua (education for all) dapat dimaknai sebagai proses demokratisasi pendidikan. Secara konkrit dilakukan melalui pelaksanaan program pendidikan inklusif pada tiap jenjang pendidikan berdasarkan Permendiknas No. 70 tahun 2009. Sementara itu, di Jawa Timur kebijakan tersebut ditindak lanjuti melalui Pergub Jatim No. 6 tahun 2011. Diperlukan berbagai instrument input yang memadai yaitu peran profesional dari Guru Pembimbing Khusus (GPK) dalam mendampingi ABK pendidikan inklusif. Namun masih ada ‘bias’ tentang beban tugas antara guru-guru reguler dan Guru Pembimbing Khusus (GPK). Fokus utama penelitian ini adalah implementasi kebijakan tentang tugas Guru Pembimbing Khusus (GPK) berdasarkan grant policy Permendiknas No. 70 tahun 2009 junto Pergub Jatim No. 6 tahun 2011 pasal 10 ayat 1. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan tugas GPK dalam proses identifikasi, assesmen dalam menyusun program pembelajaran individual pada pendidikan inklusif di SD Negeri se-Kecamatan Junrejo – Batu; (2) mendeskripsikan implementasi tugas GPK dalam merancang dan melaksanakan program kekhususan pada pendidikan inklusif di SD Negeri se-Kecamatan Junrejo – Batu; dan (3) mendeskripsikan implementasi tugas GPK dalam memodifikasi bahan ajar pada pendidikan inklusif di SD Negeri se-Kecamatan Junrejo – Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kebijakan. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Keabsahan data dipenuhi melalui kriteria credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Analisis data dilakukan dengan menggunakan interactive model of analysis dari Miles dan Huberman dan juga dianalisis dengan teori implementasi kebijakan menurut George Edward III. Hasil dari penelitian ini: (1) Implementasi tugas GPK dalam identifikasi yaitu menemu-kenali ABK. GPK melakukan assesmen dengan observasi secara fisik dan observasi akademik. Tugas GPK dalam menyusun PPI belum terimplementasi sampai sekarang (2012). (2) Implementasi tugas GPK dalam merancang dan melaksanakan program kekhususan ditujukan untuk pembimbingan non-akademis bagi ABK, namun masih ada bias dalam konteks tersebut. (3) Implementasi tugas GPK dalam modifikasi bahan ajar dilakukan dengan mengadaptasi silabus dari reguler. GPK dalam implementasi tugasnya perlu dibarengi dengan pelatihan dan pembinaan secara berkelanjutan. Hal tersebut berguna untuk pendalaman pemahaman konsep inkluifitas dan menunjang keprofesionalitasannya.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 May 2016 08:34
Last Modified: 20 May 2016 08:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30443

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo