UMM Institutional Repository

DAMPAK KEBIJAKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 (MAN 2) MADIUN

DARMIATI, (2013) DAMPAK KEBIJAKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 (MAN 2) MADIUN. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-darmiati20-30893-2-babi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-darmiati20-30893-1-pendahul-n.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Undang-Undang nomer 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, menyatakan bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakan sehingga perlu perubahan-perubahan dalam pengorganisasian kelas, pengelolaan kelas, penggunaan metode, mengajar, strategi belajar mengajar, maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Penelitian bertujuan untuk mengungkap : (1) Pelaksanaan KTSP, (2) gambaran kinerja guru, (3) konsepsi guru terhadap pelaksanaan KTSP untuk pengembangan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan angket, sedangkan analisa data menggunakan model interaksi Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan : (1) KTSP di MAN 2 Madiun, dalam pelaksanaan melalui beberapa rangkaian yang membentuk siklus, yaitu perencanaan KTSP yang dilakukan pada awal tahun pelajaran, pelaksanaan atau implementasi KTSP yang dilakukan para komponen sekolah, monitoring yang dilakukan pengawas dinas pendidikan, (2) gambaran kinerja guru MAN 2 Madiun, dapat dilihat dari kemampuan perencanaan pembelajaran, yakni pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kemampuan proses pembelajaran, interaksi antara peserta didik dengan pendidik, antar peserta didik dan antara peserta didik dengan aneka sumber belajar, kemampuan evaluasi pembelajaran teknik penilaian sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik, (3) konsepsi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk pengembangan kinerja guru MAN 2 Madiun ditekankan pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran serta evaluasi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 May 2016 08:31
Last Modified: 20 May 2016 08:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30441

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo