UMM Institutional Repository

PENGARUH STRUKTUR GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Huda, Nurul (2013) PENGARUH STRUKTUR GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulhuda2-33659-2-babi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulhuda2-33659-1-pendahul-n.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Good Coorporate Governance terhadap kinerja operasional perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, serta menguji pengaruh Good Coorporate Governance terhadap kinerja pasar perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan menguji pengaruh dominan variabel Good Coorporate Governance terhadap kinerja operasional dan kinerja pasar perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tempat penelitian dilakukan di Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi Universita Muhammadiyah Malang. Subjek penelitian adalah perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia, Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling sehingga jumlah sampel 14 perusahaan perbankan selama empat tahun, menggunakan data sekunder dari tahun 2007 sampai 2010. Menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel independen yang merupakan elemen-elemen dari Good Corporate Governance yaitu ukuran direksi, komisaris independen, kepemilikan manajerial, kebijakan hutang, ukuran perusahaan, dengan variabel dependen kinerja operasional perusahaan dengan menggunakan proksi Return On Equity (ROE) terbukti bahwa kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kinerja operasional perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sementara ukuran direksi, komisaris independen, kebijakan hutang tidak berpengaruh terhadap kinerja operasional perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan Variabel independen ukuran direksi, komisaris independen, kepemilikan manajerial, kebijakan hutang, ukuran perusahaan, dengan variabel dependen kinerja pasar perusahaan dengan menggunakan proksi Nilai Perusahaan (TobinÂ’s Q), terbukti ukuran direksi, komisaris independen, kebijakan hutang tidak berpengaruh terhadap kinerja pasar perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, kecuali kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kinerja pasar perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja operasional perusahaan perbankan adalah ukuran perusahaan dengan nilai signifikansi terkecil (0.006), begitu juga dengan kinerja pasar perusahaan perbankan yaitu ukuran perusahaan dengan nilai signifikansi terkecil (0.000). Kata kunci: Ukuran direksi, Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Hutang, Ukuran Perusahaan, Return On Equity (ROE), Nilai Perusahaan (TobinÂ’s Q).

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Postgraduate > Master of Management (61101)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 May 2016 08:20
Last Modified: 20 May 2016 08:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30434

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo