UMM Institutional Repository

PEMBIMBINGAN OLEH BALAI PEMASYARAKATAN KLAS I MALANG TERHADAP ANAK NAKAL YANG DIJATUHI PUTUSAN PIDANA BERSYARAT

SARI, MEGA FANDITA (2013) PEMBIMBINGAN OLEH BALAI PEMASYARAKATAN KLAS I MALANG TERHADAP ANAK NAKAL YANG DIJATUHI PUTUSAN PIDANA BERSYARAT. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-megafandit-33570-1-pendahul-n.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-megafandit-33570-2-bab1.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Hukum pidana mempunyai fungsi mengatur dan menyelenggarakan kehidupan masyarakat agar dapat tercipta dan terpeliharanya ketertiban. Terhadap anak pelaku kejahatan dapat dijatuhkan 2 (dua) macam sanksi yakni sanksi pidana dan sanksi tindakan. Namun, terhadap anak pelaku kejahatan juga dapat dijatuhkan putusan berupa Pidana Bersyarat. Terhadap anak yang mendapatkan putusan berupa Pidana Bersyarat diwajibkan menjalani bimbingan di Balai Pemasyarakatan sampai pada masa percobaan Pidana Bersyarat berakhir. Dalam penelitian ini penulis mengambil rumusan masalah: 1. Bagaimanakah peran Balai Pemasyarakatan Klas I Malang dalam melakukan bimbingan terhadap klien Pidana Bersyarat, berdasarkan Pasal 6 Ayat (3) Huruf (a) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan? 2. Bagaimana bentuk bimbingan yang diberikan oleh Balai Pemasyarakatan Klas I Malang terhadap klien anak yang dijatuhi putusan Pidana Bersyarat? Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis, teknik pengumpulan data berupa wawancara terhadap petugas BAPAS Klas I Malang dan Klien Pidana Bersyarat di BAPAS Klas I Malang, Observasi dengan datang langsung ke tempat penelitian yaitu BAPAS Klas I Malang, studi kepustakaan dengan mengkaji perundang-undangan, jurnal, dokumen-dokumen, studi internet dengan mengkaji literatur, jurnal, dokumen yang terdapat di dalam web atau internet, studi dokumentasi yakni studi dokumentasi yang berkaitan dengan tema penelitian, kemudian data-data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, peran dari BAPAS Klas I Malang dalam melakukan pembimbingan terhadap klien Pidana Bersyarat berdasarkan Pasal 6 Ayat (3) Huruf (a) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang pemasyarakatan adalah peran BAPAS Klas I Malang di dalam melakukan pembimbingan terhadap klien pidana bersyarat hanya sebatas membuat litmas saja namun di dalam pelaksanaan BAPAS Klas I malang hanya melakukan pembimbingan secara pasif. Bentuk Bimbingan yang diberikan oleh BAPAS Klas I Malang terhadap Klien Anak yang dijatuhi Pidana Bersyarat tidak terlihat keberagaman bimbingan di dalamnya, dan cenderung sama di dalam melakukan bimbingannya. Berdasarkan dari penelitian maka diajukan beberapa saran yaitu di dalam melakukan pembimbingan terhadap klien pidana bersyarat hendaknya di dalam pelaksanaannya dilakukan secara professional oleh PK BAPAS Klas I Malang dan perlu ada pesan yang benar-benar di implementasikan oleh BAPAS Klas I Malang, serta kepada klien pidana bersyarat hendaknya selalu meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan YME dan selalu mengikuti kegiatan bimbingan yang diberikan oleh BAPAS Klas I Malang. Kata Kunci : Pembimbingan, BAPAS , Pidana Bersyarat.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Law (74101)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 May 2016 10:13
Last Modified: 19 May 2016 10:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30396

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo