UMM Institutional Repository

REVITALISASI TEOLOGI AL-MA’UN DALAM PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH (Sebuah Alternatif terhadap Gejala Kapitalisasi Pendidikan)

Azzakiyah, Lailatul Fithriyah (2013) REVITALISASI TEOLOGI AL-MA’UN DALAM PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH (Sebuah Alternatif terhadap Gejala Kapitalisasi Pendidikan). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailatulfi-33563-1-pendahul-n.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailatulfi-33563-2-babi.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah hak dasar setiap individu. Melalui pendidikan diharapkan potensi individu akan berkembang secara optimal. Dengan mendasarnya kebutuhan pendidikan bagi individu ini, maka memperoleh pendidikan tidak memandang strata sosial, bahkan dengan pendidikan diharapkan akan dapat mengangkat derajat sosial menuju kehidupan yang lebih baik. Dalam kenyataannya, masih terdapat beberapa kelompok masyarakat dengan strata sosial dan ekonomi rendah yang menemui kendala untuk mengakses pendidikan. Hal ini terjadi, akibat pembiayaan pendidikan yang tidak terjangkau oleh kondisi mereka. Terlebih, pengelolaan pendidikan mengalami alih fungsi dari negara kepada privatisasi masyarakat. Pendidikan yang semula menjadi tanggungjawab negara, secara pelan-pelan diserahkan pada masyarakat. Kiranya dapat dikatakan bahwa paham globalisasi dan neoliberalisme adalah faktor penyebab semua ini. Gagasan ekonomi liberal dan kapitalistik ini pada gilirannya menciptakan jurang kemiskinan semakin besar, jika demikian, maka yang pertama menjadi korban adalah masyarakat miskin. karena dan mengancam dunia pendidikan, tidak terkecuali pendidikan Muhammadiyah. Menilik sejarah awal kelahirannya, pendidikan Muhammadiyah hadir untuk merespon kebutuhan masyarakat saat itu yang berada dalam lingkaran kebodohan dan kemiskinan. Dilandasi oleh semangat al-MaÂ’un, Muhammadiyah mengaktualisasikan doktrin-doktrin agama itu dalam gerakan kongkrit. Doktrin-doktrin itu lebih dikenal dengan teologi al-MaÂ’un atau teologi keberpihakan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan konsep teologi al-MaÂ’un dalam pendidikan Muhammadiyah 2). Mengkritisi implementasi teologi al-MaÂ’un dari waktu ke waktu yang dinilai mengalami penyimpangan, terlebih karena pengaruh globalisasi tersebut. Akhir dari Penelitian ini menemukan kesimpulan bahwa sebagai sebuah konsep, teologi al-MaÂ’un memang cukup ideal karena bukan hanya diterapkan pada awal-awal kelahiran Muhammadiyah, namun juga tertuang dalam dokumen-dokumen penting Muhammadiyah seperti hasil Munas maupun Muktamar. Namun dalam implementasinya ia mengalami pembelokan-pembelokan atas pengaruh globalisasi. Dalam perkembangan terkini diharapkan al-MaÂ’un dapat menjadi alternatif counter hegemony atas menggejalanya kapitalisasi pendidikan. Atas kenyataan di atas, maka revitalisasi teologi al-MaÂ’un dalam pendidikan Muhammadiyah menjadi sebuah agenda besar. Gagasan ini adalah sebuah ikhtiar mencari alteranatif pengentasan kemiskinan dan mewujudkan hak dasar manusia atas pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Postgraduate > Master of Islamic Studies
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 May 2016 08:33
Last Modified: 19 May 2016 08:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30375

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo