UMM Institutional Repository

MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DALAM PENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MADRASAH TSANAWIYAHY NEGERI (MTsN) MALANG I

AMTSAL, NUR (2013) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DALAM PENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MADRASAH TSANAWIYAHY NEGERI (MTsN) MALANG I. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nuramtsal0-33566-1-pendahul-n.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nuramtsal0-33566-2-bab1.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah adalah salah satu pendekatan baru dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan yang berorientasi pada kebutuhan sekolah dan kebutuhan daerah masing-masing. Di Indonesia model ini baru diadaptasi sekitar tahun 1999 oleh Depdiknas dengan proyek perintisan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. MPMBS merupakan kebijakan yang sangat strategis dalam rangka pengembangan profesionalisme Guru. Mengingat bahwa MPMBS merupakan paradigma pendidikan baru, maka diperlukan beberapa sumber daya manusia yang dapat membantu para pelaksana (Kepala sekolah dan Guru) dilapangan. Selain itu MPMBS hanya akan berjalan apabila masing-masing sekolah memiliki otonomi dan konstituennya mampu berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. Dua hal tersebut tidak mungkin ada pada sistem manajemen dan kepemimpinan yang otoriter. Oleh karena itu, dalam MPMBS diperlukan beberapa sumber daya seperti diperlukannya seorang pemimpin yang demokratis dan transformasional, profesional guru dan para karyawannya, keterlibatan orang tua dan masyarakat serta instansi terkait. Selain itu juga diperlukan perencanaan yang matang atau dipersiapkan program sosialisasi agar berbagai pihak yang terkait dalam pendidikan menyadari akan pentingnya manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru. Ada dua tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu : 1) ingin mengetahui manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di MTsN Malang I, 2) ingin mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dalam pengembangan profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di MTsN Malang I. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi kasus dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis, karena memahami fenomena-fenomena yang terjadi dalam subjek penelitian. dalam prosedur pengumpulan data penulis menggunakan tiga cara yaitu wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian penulis, diperoleh temuan bahwa kesuksesan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di MTsN Malang I ini, dikarenakan: 1) adanya sosialisasi yang matang atau perencanaan yang baik sebelum manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dilaksanakan. Adapun MPMBS di MTsN Malang I yaitu dengan peningkatan pelayanan, peningkatan mutu dan peningkatan teknologi serta sistem pembelajaran bagi Guru. 2) Pemberdayaan Komite Madrasah untuk dapat mengelola dan menjadi wadah orang tua untuk dapat berpartisipasi dalam pengembangan Profesionalisme Guru. 3) Pemberdayaan SDM civitas Madrasah, terutama Kepala Madrasah. Meskipun dalam hal yang sama guru, staf dan karyawan juga salah satu komponen pendukung bagi keberhasilan MPMBS di MTsN Malang I. adapun yang menjadi pemberdayaan SDM Madrasah yaitu dengan mengadakan pelatihan-pelatihan, mengikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan ilmiah seperti seminar dan lain-lain. 4) Melakukan pengembangan kurikulum dengan membuka link dengan Departemen Pendidikan Nasional, selain itu juga ada beberapa pengembangan kurikulum lokal yang telah diterapkan di MTsN Malang I. 5) Rutin dalam melakukan evaluasi dan bersikap transparan, apalagi dalam hal pengambilan keputusan yang melibatkan semua unsur dalam evaluasi rutin. Jadi Tesis yang dapat diungkap dalam penelitian ini adalah manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru dapat dinilai keberhasilannya, apabila didukung oleh perencanaan yang matang dengan menggunakan manajemen terbuka, melakukan pemberdayaan komite madrasah, pemberdayaan SDM civitas madrasah, pengembangan kurikulum, dan rutin dalam melakukan evaluasi kerja.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 May 2016 08:19
Last Modified: 19 May 2016 08:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30371

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo