UMM Institutional Repository

OPTIMASI FORMULASI LOTION EKSTRAK TEH HIJAU (Camellia sinensis L.)

ISMAIL, ZULKARNAIN (2012) OPTIMASI FORMULASI LOTION EKSTRAK TEH HIJAU (Camellia sinensis L.). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zulkarnain-29594-1-pendahul-n.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zulkarnain-29594-2-bab1.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Masyarakat belum banyak mengetahui tentang khasiat teh hijau (green tea) dan mereka lebih sering mengkonsumsi teh hitam (teh biasa) daripada teh hijau. Teh hijau dan teh hitam berasal dari tanaman yang sama yaitu Camellia sinensis. Perbedaan utama yang cukup berarti dari kedua jenis teh tersebut ada pada kandungan katekin. Kandungan katekin teh hijau lebih tinggi daripada teh hitam. Teh hijau memiliki aktivitas antioksidan 6 kali lebih potensial dibandingkan dengan teh hitam. Selain dikonsumsi dalam bentuk minuman, teh hijau dalam bentuk ekstrak juga dimanfaatkan untuk pembuatan produk-produk farmasi, toiletri dan kosmetik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui formulasi yang tepat dari sediaan lotion ekstrak teh hijau (Camellia sinensis L.) dengan CMC Na (0,5%, 0,75%) atau carbomer (0,25%, 0,5%) sebagai emulgator, serta menentukan kadar berapakah penggunaan emulgator CMC Na (0,5%, 75%) atau carbomer (0,25%, 0,5%) ekstrak teh hijau (Camellia sinensis L.) yang dapat memberikan karakteristik fisik dan aseptabilitas terhadap sediaan lotion. Evaluasi sediaan meliputi tipe emulsi, organoleptis, pH, daya sebar, viskositas dan aseptabilitas sediaan. Hasil pemeriksaan organoleptis, didapatkan bahwa sediaan FI (CMC Na 0,5%), FII (CMC Na 0,75%), FIII (carbomer 0,25%) dan FIV (carbomer 0,5%) memiliki tekstur yang lembut, berbau teh, serta keempat formula mempunyai warna yang sama yaitu kuning kecoklatan. Dari analisis statistik dengan One-way Anova menemukan bahwa ada perbedaan yang bermakna untuk evaluasi pH, viskositas, tetapi untuk daya sebar tidak ada perbedaan yang bermakna. Untuk evaluasi aseptabilitas, formula IV (carbomer 0,5%) adalah yang memenuhi kriteria penilaian aseptabilitas diantara keempat formula. Berdasarkan karakteristik fisik (pH dan viskositas) serta aseptabilitas dari keempat formula dapat disimpulkan bahwa formula IV (carbomer 0,5%) merupakan formula yang terbaik karena memberikan karakteristik fisik dan aseptabilitas sediaan yang baik terhadap sediaan lotion ekstrak teh hijau (camellia sinensis L.).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 19 May 2016 08:11
Last Modified: 19 May 2016 08:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30369

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo