UMM Institutional Repository

POLA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM INOVASI KURIKULUM (STUDI KASUS DI MAN 3 MALANG)

MUJAINI, (2013) POLA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM INOVASI KURIKULUM (STUDI KASUS DI MAN 3 MALANG). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mujaini081-33644-1-pendahul-n.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mujaini081-33644-2-babi.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan dalam pendidikan khususnya madrasah memiliki peranan yang strategis dan potensial dalam menentukan kemajuan pendidikan. Kualitas madrasah akan ditentukan oleh bagaimana kepemimpinan yang dilakukan dalam madrasah itu sendiri. Kepemimpinan itu akan tampak dalam perjalanan kurikulum yang menuntut adanya inovasi. Inovasi kurikulum di madrasah merupakan program pengembangan kurikulum yang mengedepankan pada karakteristik dan potensi sebuah lembaga pendidikan untuk meraih mutu lembaga pendidikan itu sendiri. Dalam konteks madrasah, inovasi kurikulum merupakan langkah strategis dalam membangun dan memajukan madrasah yang unggul dan memiliki daya saing. Dibutuhkan karakter pemimpin yang dinamis dan visioner dalam rangka mewujudkan inovasi kurikulum. Adanya pemimpin yang memiliki bentuk kontrukstif dalam pengembangan kurikulum menjadi indikator penting bagi kemajuan madrasah dalam konteks persaingan global saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam inovasi kurikulum di MAN 3 Malang, (2) untuk mengetahui pelaksanaan inovasi kurikulum di MAN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode serta ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, para guru serta bagian lembaga penjaminan mutu madrasah MAN 3 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah di MAN 3 Malang dalam rangka inovasi kurikulum dilakukan dengan mengedepankan pada kepemimpinan yang dinamis, visioner, serta mampu membangun hubungan dengan civitas akademik di MAN 3 Malang. Inovasi kurikulum juga dilakukan melalui proses manajerial yang baik dalam mempersiapkan kurikulum yang di dalamnya terdapat perencanaan inovasi kurikulum serta pelaksanaan kurikulum itu sendiri yang sudah diatur dalam dokumen kurikulum MAN 3 Malang. Pelaksanaan inovasi kurikulum di MAN 3 Malang dilakukan dalam bentuk pertama mengimplementasikan program akselerasi atau program percepatan studi, program ini dimaksudkan sebagai program mengembangkan dan membangun potensi siswa yang memiliki kecerdasan dan kecakapan di atas rata rata, tentunya input yang diambil pada program ini melalui proses yang ketat agar siswa pilihan benar-benar didapatkan, model pembelajaran dalam program akselerasi menggunakan konsep pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan dinamis. Kedua inovasi kurikulum dalam bentuk pembukaan program Madrasah Aliyah Keagamaan Bertaraf Internasional (MAKBI), program ini merupakan bagian dari inovasi di bidang kurikulum dalam rangka mengembangkan madrasah agar mampu bersaing secara internasional, selain itu madrasah sebagai basis pengembangan dan dakwah Islam menjadi salah satu tujuan pengembangan MAKBI itu sendiri. Diharapkan siswa lulusan MAKBI dapat melanjutkan studi dan mampu bersaing di tingkat internasional, khususnya negara-negara Timur Tengah. Tentunya rangkaian pembelajaran dan aktivitas akademik siswa didesain sesuai dengan prosedur pelaksanaan MAKBI itu sendiri. Faktor pendukung dalam program inovasi kurikulum adalah adanya berbagai fasilitas dan sarana yang memadai, SDM yang kompeten dan profesional, serta siswa yang cakap dan cerdas dalam bidang akademik. Adapun faktor penghambat adalah proses legalitas dari Kementerian Agama yang secara teknis masih menunggu waktu mengenai pelaksanaan MAKBI itu sendiri, meskipun pelaksanaanya telah mengikuti prosedur umum pelaksanaan madrasah berbasis internasional. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam melakukan inovasi mengedepankan pada kepemimpinan yang mampu berpikir jauh kedepan (visioner), dalam tidakan dan pengambilan keputusan juga melibatkan banyak pihak, sehingga hasil keputusannya menjadi keputusan bersama, selain itu dinamis menjadi pola kepemimpinan yang selalu menarik. Inovasi kurikulum yang dilakukan MAN 3 Malang meliputi adanya program Akselerasi dan adanya Madrasah Aliyah Keagamaan Bertaraf Internasional (MAKBI), yang di dalamnya terdapat desain pembelajaran yang inovatif, dinamis serta mandiri sebagai ciri pelaksanaan madrasah yang unggul bertaraf internasional keduanya telah menghasilkan produk lulusan yang memang dari segi prestasi akademik dan non akademik benar-benar berkualitas dan unggul. Faktor pendukung dari inovasi kurikulum di MAN 3 Malang adalah adanya sarana prasarana yang modern berbasis teknologi, adanya SDM yang kompeten dan profesional. Adapun faktor penghambat program MAKBI adalah belum adanya legalitas secara teknis dari Kementerian Agama.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 May 2016 07:56
Last Modified: 19 May 2016 07:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30361

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo