UMM Institutional Repository

PROFIL PRAKTEK SWAMEDIKASI PADA GEJALA GASTRITIS OLEH KONSUMEN DI APOTEK (Studi di Wilayah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

DIAN, UCHE VERY (2012) PROFIL PRAKTEK SWAMEDIKASI PADA GEJALA GASTRITIS OLEH KONSUMEN DI APOTEK (Studi di Wilayah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ucheverydi-29609-1-pendahul-n.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ucheverydi-29609-2-babi.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Swamedikasi merupakan pemilihan dan penggunaan obat, baik obat modern maupun obat tradisional oleh seseorang untuk mengobati penyakit atau gejala yang dapat dikenali sendiri. Saat ini praktek swamedikasi cenderung meningkat. Faktor yang berperan dalam peningkatan tersebut antara lain meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang penyakit khususnya yang bersifat ringan termasuk gejala dan pengobatannya., ketersediaan dan kemudahan mendapatkan obat yang dapat dibeli dengan bebas tanpa resep dokter (WHO, 1998). Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional dan analisa yang diterapkan adalah analisa deskriptif, dengan metode survey. Penelitian ini dilakukan pada 9 Apotek di Wilayah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang sebagai sampel, yang sesuai dengan kriteria inklusi dan menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian.Teknik pengambilan sampel untuk variabel Apotek menggunakan cara purposive sampling. Sedangkan teknik pengambilan sampel untuk variabel Responden dilakukan secara incidental. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuisioner. Analisa data dilakukan dengan mengolah data ke dalam bentuk prosentase (%) pada setiap variabel yang diukur. Hasil penelitian dari segi Demografi yang paling banyak menderita Gastitis adalah Perempuan, dengan Usia terbanyak 20 – 30 tahun, dengan Pekerjaan sebagai Pedagang/swata. Sedangkan untuk Obat yang paling banyak dibeli oleh Responden adalah Promag. Dari variabel Faktor Predisposisi, pengetahuan responden terbanyak mempunyai nilai Sedang, untuk Sikap responden terbanyak dengan kategori Negatif. Faktor Pendukung, responden menyatakan setuju, karena Apotek lokasinya dekat dengan rumah, menyediakan obat yang relatif lengkap, juga karena tempatnya bersih dan nyaman. Sedangkan terkait dengan Faktor Pendorong, pernyataan tentang sikap petugas Apotek dalam memberikan informasi, pelayanan yang ramah dan sopan, cara penggunaan obat, pemberian saran ke dokter jika sakit berlanjut, mempunyai kategori negative sebesar 60 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 19 May 2016 07:50
Last Modified: 19 May 2016 07:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30358

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo