UMM Institutional Repository

PENGARUH MENONTON ACARA TELEVISI TERHADAP PERILAKU BERAGAMA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 NGAWI

SETIYOWATI, ANIS (2013) PENGARUH MENONTON ACARA TELEVISI TERHADAP PERILAKU BERAGAMA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 NGAWI. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anissetiyo-30710-1-pendahul-n.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anissetiyo-30710-2-babi.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh menonton acara televisi terhadap perilaku beragama siswa SMP Muhammadiyah 2 Ngawi. Menonton acara televisi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah melihat atau menyaksikan berbagai jenis tayangan televisi baik yang bersifat pendidikan, informasi maupun hiburan. Tayangan-tayangan tersebut antara lain siaran berita, ceramah-ceramah, dan dialog-dialog keagamaan, kuis, olah raga, iklan, film/sinetron, music dan sebagainya. Adapun yang dimaksud perilaku beragama adalah perbuatan-perbuatan atau tindakan, keyakinan, pengalaman, dan pengetahuan yang berkaitan dengan ajaran agama. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 2 Ngawi yang berjumlah 128 orang, sebagai sample 30% dari jumlah populasi yang ada yakni 38 orang, pengambilan sample dengan menggunakan stratified proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah Ho yaitu ada pengaruh antara menonton televise dengan perilaku beragama siswa SMP Muhammadiyah 2 Ngawi. Untuk menganilisis data yang diperoleh dari angket yang telah disebarkan, menggunakan bantuan computer program analisis regresi linear SPSS for Woindows Versi 16. Dari table penelitian ini menunjukkan bahwa menonton acara televisi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku beragama siswa SMP Muhammadiyah 2 Ngawi. Setelah dilakukan perhitungan dengan teknik analisis regresi linear diperoleh nilai R square 0,446 menjelaskan pengaruh menonton acara televisi terhadap variable perilaku beragama sebesar 44,6% sedangkan sisanya sebesar 55,4% dijelaskan oleh variable selain menonton acara televisi.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 May 2016 07:47
Last Modified: 19 May 2016 07:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30357

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo