UMM Institutional Repository

HUKUM MEROKOK Kajian Sejarah Sosial Hukum Islam

ZIYAD, (2013) HUKUM MEROKOK Kajian Sejarah Sosial Hukum Islam. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ziyad20101-30723-1-pendahul-n.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ziyad20101-30723-2-babi.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Budaya merokok saat ini begitu maraknya, sehingga hampir semua lapisan umur melakukannya baik dari kalangan anak-anak, remaja dan orang tua baik laki-laki atau wanitanya, yang miskin dan yang kaya. Fenomena ini sungguh ironis tentunya bagi orang yang memiliki kepedulian sosial terhadap lingkungan sekitar, kesehatan, kebersihan, ekonomi dan terlebih lagi kalau ditinjau dari sisi agama. Adanya anggapan bahwa merokok itu sebagai lambang kejantanan atau kedewasaan seseorang, sehingga setiap pribadi termotifasi untuk melakukannya hanya disebabkan oleh hal itu atau dengan kata lain hanya ikut-ikutan. Hal ini umumnya terjadi di kalangan remaja, bahkan ada yang merokok karena diancam oleh teman-temannya yang jelek. Pada setiap bungkus rokok itu sendiri apapun mereknya pasti tertulis “Merokokdapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin” Karena hal ini merupakan peraturan pemerintah yang harus dilabelkan dalam setiap bungkusnya. Pemerintah sekalilagi dalam hal ini hanya bisa menghimbau dan tidak bisa melarang secara tegas dengan mengenakan sanksi misalnya. Karenanya pemerintah sekali lagi hanya bisa menghimbau, dan kita melihat sebuah usaha yang baik telah dilakukan berupa adanya “smoking area” di tempat-tempat umum yang ada di kota besar atau berkembang seperti kantor, rumah sakit bahkan di alun-alun; juga dalam angkutan umum seperti bus dll. Metode yang penulis gunakan dalam tesis ini adalah content analisis dengan jenis penelitian library research. Kemudian dalam mengumpulkan data melalui observasi atau menelaah dokumen disertai sedikit komentar. Sedangkan obyek penelitiannya berupa beberapa fatwa-fatwa para ulama di luar Indonesia dan ormas dalam negri sendiri. Setelah itu menemukan manhaj yang digunakan oleh para ulama di dunia secara umum dan Indonesia secara khusus, baik yang sudah meninggal dunia maupun yang masih hidup di zaman sekarang ini dalam menentukan hukum rokok mulai dari yang menyatakan mubah, makruh hingga yang mengharamkannya untuk dianalisis seperlunya sebagai data kemudian meninjau lingkungan sosial tempat tinggal si pemberi fatwa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan sejarah sosial rokok pada mulanya beserta asal-usulnya hingga tersebar ke seluruh dunia dari mulai jenis hookah, cerutu atau kretek hingga eletrik. Sehingga nantinya dapat diketahui betapa erat kaitannya antara tersebarnya rokok dengan suatu lingkungan masyarakat. Adapun mengenai hasilnya dapat disimpulkan bahwa ketika seorang mufti yang hidup di lingkungan dengan tingkat keberagamaan yang tinggi dan adat istiadat Islam yang kental, dia akan lebih cenderung mengharamkan rokok. Pemerintahnya pun mendukung fatwa tersebut sehingga memiliki bobot dan efek yang kuat di tengah masyarakat. Sementara itu ketika mufti hidup di tengah masyarakat yang beragam lagi banyak yang awam, maka dia cendrung tidak mengharamkan disebabkan oleh banyak faktor diantaranya masalah sosial, ekonomi dll.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 May 2016 07:41
Last Modified: 19 May 2016 07:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30354

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo