UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN “Pengembangan Karakter Utama Rasul dalam Proses Belajar Mengajar dan Kehidupan Sehari-hari Siswa di SMA Al-Rifa’ie Pondok Modern Gondanglegi Malang”

Mulyadi, Wahyu (2013) KONSTRUKSI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN “Pengembangan Karakter Utama Rasul dalam Proses Belajar Mengajar dan Kehidupan Sehari-hari Siswa di SMA Al-Rifa’ie Pondok Modern Gondanglegi Malang”. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyumulya-30722-1-pendahul-n.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyumulya-30722-2-babi.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada hakekatnya adalah proses pembentukan karakter manusia sebagai makhluk yang mulia dengan keagungan kepribadiannya. Peneliti melihat pendidikan selama ini lebih berorientasi pada prestasi akademik, sehingga cenderung mengabaikan proses pembentukan karakter yang bermoral di kalangan peserta didik dalam proses pelaksanaan pendidikan, akibatnya pendidikan itu menjadi kehilangan karakter. Mengingat pentingnya peranan lembaga pendidikan dalam proses sosialisasi, maka lembaga pendidikan seyogyanya memberikan pengaruh yang kuat bagi proses pembentukan karakter manusia yang mulia. Masalah di atas mengilhami peneliti untuk berupaya mencarikan jalan keluar bagi berbagai fenomena patologi sosial terutama di kalangan remaja sebagai akibat kegagalan lembaga pendidikan dalam memainkan perannya dalam membentuk karakter manusia yang berkualitas, hal ini sekaligus menjadi alasan yang menarik minat peneliti untuk menggali khazanah pengetahuan tentang model pendidikan karakter yang diimplementasikan di SMA AL-Rifa’ie Pondok Modern Gondanglegi Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan swakarya (Ijtihad) para pimpinan Pondok Modern Gondanglegi Malang dalam merumuskan model-model pendidikan yang berorientasi pada pembentukan karakter. Khazanah yang hendak digali dalam penelitian ini adalah mengenai model-model pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Modern Gondanglegi dalam upaya mengimplementasikan, mengem-bangkan dan menujang peningkatan kualitas karakter. Dan kemudian mendiskripsi-kan keberhasilan SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang dalam mengembangkan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dikarenakan fokusnya adalah untuk mendeskripsikan pendidikan karakter di SMA Al-Rifa’ie Pondok Modern Gondanglegi Malang berdasarkan kenyataan yang bersifat alami, tanpa rekayasa, yang menjadi instrumen utamanya adalah manusia, dan yang tak kalah penting bahwa penelitian kualitatif lebih cenderung mengambil kesimpulan secara induktif. Selain itu bahwa dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dalam menggali khazanah pengetahuan, menunjukkan bahwa konstruksi pendidikan karakter “pengembangan karakter utam Rasul dalam proses belajar mengajar” sebagai penyesuaian visi, misi SMA Al-Rifa’ie yang berada di bawah naungan pondok pesantren yang konservatif dengan nilai-nilai pendidikan Islam, dapat dikatakan berhasil dengan selalu melatih keterampilan, kedisiplinan, melestarikan kultur masyarakat pesantren, dengan tahapan aktualisasikan, penyesuaian kurikulum, evaluasi, peningkatan kerja sama dengan bentuk pendidikan formal maupun non formal atau ekstra kurikuler.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 May 2016 07:36
Last Modified: 19 May 2016 07:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30353

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo