UMM Institutional Repository

INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

MAÂ’ARIF, SYAMSUL (2013) INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syamsulmaa-30716-1-pendahul-n.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syamsulmaa-30716-2-bab1.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Generasi bangsa yang berakhlak mulai merupakan modal utama untuk mewujudkan Negara Indonesia yang maju dan sejahtera. Keterpurukan bangsa Indonesia disebabkan karena terkikisnya nilai-nilai moralitas, sehingga banyak terjadinya korupsi, berbuat asusila, merusak fasilitas umum, tawuran antar pelajar, senang menuntut hak daripada melaksanakan kewajiban. Demokrasi bukan hidup penuh dengan tuntutan tanpa batas, tetapi demokrasi merupakan nilai-nilai luhur yang mengedepankan dan menghormati hak orang lain. Batas antara benar dan salah semakin hari semakin tidak jelas karena pengaruh kebebasan dan kehidupan yang materialistik tanpa berfikir akibat atau resiko dari yang akan terjadi. Pendidikan merupakan panglima didalam membentuk akhlak mulia bangsa yang kokoh demi harkat, martabat dan untuk menjaga kedaulatan bangsa. Indonesia merupakan Negara yang penduduknya mayoritas Islam dan bahkan Negara Islam terbesar di dunia. Islam mengajarkan nilai-nilai luhur yang tetap terjaga di dalam al-QurÂ’an dan al-Hadist. Nilai-nilai Islam tersebut wajib untuk dipelajari dan dilaksanakan dalam kehidupan bermasyarakat, karena substansi ajaran agama bukan teori tetapi praktik. Berdasarkan pemikiran tersebut, mengapa akhlak mulia masyarakat Indonesia semakin terkikis ? Masalah tersebut membuktikan bahwa bidang studi Agama tidak cukup untuk menjawab dan sekaligus mengatasi masalah akhlak mulia bangsa. Berdasarkan pemikiran tersebut penulis mengumpulkan data dengan cara library research, yaitu kajian literatur melalui riset kepustakaan atau dokumen. Penulis menganalisis Proses Belajar Mengajar (PBM) bidang studi matematika SMK berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang secara tidak langsung terintegrasi nilai-nilai Islam yang merupakan nilai-nilai akhlak mulia. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar matematika dalam setiap PBM dapat disisipkan tentang nilai-nilai akhlak mulia yang terkandung dalam materi tersebut, yaitu : jujur, ikhlas, rendah hati, kasih sayang, disiplin, santun, percaya diri, hemat, pantang menyerah, adil, berfikir positif, mandiri, cinta damai, toleransi, pengendalian emosi, kewarganegaraan, tanggung jawab, kreatif, kerja keras dan kerjasama. Pemikiran dan hasil penelitian ini semoga dapat menjadikan inspirasi atau motivasi guru bidang studi matematika khususnya dan guru bidang studi lainnya dalam melaksanakan tugas untuk selalu mengembangkan pemikiran terhadap pendidikan akhlak mulia siswa di dalam setiap Proses Belajar Mengajar. Penulis meyakini bahwa apabila semua guru bidang studi selalu menanamkan nilai-nilai akhlak mulia kepada siswa dalam setiap mengajar, maka akhlak mulia bangsa Indonesia akan terwujud dan Negara Indonesia semakin maju dan sejahtera.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 19 May 2016 04:35
Last Modified: 19 May 2016 04:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30351

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo