UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI

SUPARDI, (2013) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-supardi091-30715-1-pendahul-n.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-supardi091-30715-2-babi.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermula dari keresahan penulis tentang rendahnya kualitas proses dan kualitas hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP kecamatan Widodaren kabupaten Ngawi. Hal ini terjadi karena strategi pembelajaran yang diterapkan kurang memperhatikan kecenderungan siswa. Implikasinya menjadikan siswa pasif, semangat rendah karena kesan yang ditangkap siswa adalah pembelajaran yang monoton, membosankan dan prestasi yang didapat juga kurang memuaskan, apalagi bila dikaitkan dengan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP kecamatan Widodaren kabupaten Ngawi, peneliti memilih Strategi Kooperatif learning, dimana siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, siswa dapat menggunakan seluruh potensi belajar yang mereka miliki, adanya kerjasama yang positif, serta melatih kemadirian siswa. Pelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan memilih strategi kooperatif; untuk menanggulagi masalah dalam bidang pendidikan. Mengingat penelitian ini penelitian kualitatif maka hipotesis yang diajukan adalah : ‘Jika strategi kooperatif diterapkan maka dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP kecamatan Widodaren kabupaten Ngawi” Data dikumpulkan dengan tehnik tes, observasi, wawancara terbuka, catatan lapangan serta dokumen. Dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP kecamatan Widodaren kabupaten Ngawi, sebagian sudah melaksanakan dengan menggunakan strategi kooperatif dengan tehik diskusi, seperti problem solving, jigsaw, contextual teaching and learning (CTL) dan yang lainnya. Untuk menyederhanakan pelaksanaan serta pemantauan peneliti, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Dengan diimplementasikanya metode pembelajaran kooperatif ini, dalam pelaksaaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP kecamatan Widodaren kabupaten Ngawi maka terjadi penigkatan kualitas proses dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam bagi siswa. Dari hasil penelitian diperoleh data yang menyebutkan bahwa terjadi perbedaan kualitas proses dan dari segi semangat siswa. Selain hasil kegiatan belajar/mengajar juga ada perbedaan; di SMP Negeri 1 yang menggunakan metode Jigsaw 8,39 % dan di SMPN 3 yang menggunakan strategi contextual teaching and learning (CTL) 8,12 %, serta di SMP Negeri 4 yang menggunakan strategi round table problem solving 8,29 %. Adapun dari segi aktivitas siswa dalam pembelajaran ada perbedaan; di SMPN 1 yang menggunakan strategi Jigsaw sangat aktif, dan di SMPN 4 yang menggunakan strategi round table problem solving cukup aktif, serta di SMPN 3 yang menggunakan strategi CTL belum seaktif dengan yang ada di SMPN 1 dan di SMPN 4. Sedangkan untuk kualitas hasil juga terdapat perbedaan dengan nilai rata-rata yang diproleh siswa, di SMPN 1 yang menggunakan strategi Jigsaw 84,24; dan di SMPN 3 yang menggunakan strategi CTL 80,76, serta di SMPN 4 yang menggunakan strategi round table problem solving 77,55. Dari studi lapangan dapat diketahui bahwa alasan yang menyebabkan strategi pembelajaran komperatif dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar pendidikan Agama Islam di SMP kecamatan Widodaren kabupaten Ngawi, karena strategi pebelajaran kooperaif sangat menyenangkan dan mengakomodir keinginan siswa. Strategi pembelajaran kooperatif melibatkan seluruh komponen panca indera yang dimiliki oleh siswa, dan menekankan prinsip kerjasama diantara siswa. Dengan nilai-nilai positif yang dimiliki oleh strategi kooperatif tersebut maka kualitas dan hasil belajar pendidikan Agama Islam dapat meningkat. Peningkatan ini menegaskan bahwa aspek strategi merupakan factor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran pendidikan Agama Islam; selain itu yang tidak kalah pentingnya yaitu kemampuan guru dalam menciptakan keadaan yang kondusif ketika terjadi proses pembelajaran; dengan demikian hyphotesis stategi pembelajaran kooperatif yang diajukan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 19 May 2016 04:33
Last Modified: 19 May 2016 04:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30349

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo