UMM Institutional Repository

INOVASI PEMBELAJARAN SALAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI MIN KETANGGUNG KEC. SINE KAB. NGAWI

MAHFUD, LILIK ALI (2013) INOVASI PEMBELAJARAN SALAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI MIN KETANGGUNG KEC. SINE KAB. NGAWI. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lilikalima-30712-1-pendahul-n.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lilikalima-30712-2-babi.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menitikberatkan pada inovasi pembelajaran shalat dengan menggunakan media audio visual. Apa yang dialami saat ini, dari hasil pembelajaran di madrasah adalah siswa kesulitan merangkai materi yang dipelajari. Metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru cenderung monoton yaitu dengan menggunakan metode ceramah. Pentingnya pembelajaran shalat seolah terbenam dengan materi pembelajaran yang lain, membuat kemampuan siswa baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pelaksanaan inovasi pembelajaran shalat dengan menggunakan media audio visual di MIN Ketanggung Kec. Sine Kab. Ngawi. 2). Respon siswa terhadap penggunaan media audio visual dalam pembelajaran shalat di MIN Ketanggung Kec. Sine Kab. Ngawi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan tiga macam langkah, yaitu mengumpulkan data mentah, menyusun sebuah catatan dan mengelompokkan, serta mengolah dalam bentuk naratif. Pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah masih paling banyak dilakukan oleh guru-guru di MIN Ketanggung di semua mata pelajaran di semua tingkat kelas, meskipun respon siswa terhadap metode ini sangat rendah atau metode ceramah menjadi metode yang kurang menarik bagi siswa. Inovasi pembelajaran shalat dengan menggunakan media audio visual mulai dilakukan pada semester ke-2 tahun pelajaran 2010/2011. Pelaksanaannya, materi telah disiapkan oleh Tim Laboratorium Agama MIN Ketanggung, dan dilaksanakan dengan menggunakan alat bantu laptop serta LCD. Materi pembelajaran berupa film animasi (kartun shalat) beserta bacaan-bacaannya, serta film yang dibuat sendiri oleh Tim Laboratorium Agama. Respon siswa terhadap metoda ini sangat luar biasa. Semua siswa (100%) menjawab pembelajaran ini sangat menarik.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 19 May 2016 04:24
Last Modified: 19 May 2016 04:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30344

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo