UMM Institutional Repository

MOTIF IBU-IBU DALAM MENONTON REALITY SHOW MASTER CHEF DI RCTI (Studi pada Ibu-ibu PKK Perum Sawojajar RW 07, Malang)

PUTRA, BIMA HADISTYA PRATAMA (2012) MOTIF IBU-IBU DALAM MENONTON REALITY SHOW MASTER CHEF DI RCTI (Studi pada Ibu-ibu PKK Perum Sawojajar RW 07, Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--bimahadist-27259-1-pendahul-n.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--bimahadist-27259-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Reality show merupakan salah satu program acara televisi yang memiliki banyak peminat. Reality show yang diangkat dalam penelitian ini adalah reality show Master Chef Indonesia di RCTI yang ditayangkan setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 16.00 WIB. Acara ini berdurasi 60 menit. Acara ini merupakan acara kontes masak memasak dengan melibatkan 15 orang setelah lulus audisi. Masak-memasak, sangat identik dengan kebiasaan kaum ibu rumah tangga. Dari keterkaitan inilah peneliti ingin mengetahui motif dari ibu-ibu PKK di Perum Sawojajar RW 7 Jalan Danau Sentani dalam menonton Master Chef Indonesia di RCTI. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motif ibu-ibu PKK Perumahan Sawojajar Jl. Danau Sentani RW 07 dalam menonton reality show Master Chef di RCTI? Motif merupakan dorongan dari dalam diri seseorang yang berorientasi pada pemuasan kebutuhan. Karena itu motif tidak harus dipersepsikan secara sadar sebab motif yang mendasari perilaku seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Sedangkan Reality Show adalah adalah genre acara televisi yang menggambarkan adegan yang seakan-akan benar-benar berlangsung tanpa skenario, dengan pemain yang umumnya khalayak umum biasa, bukan pemeran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratifications. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan metode penelitiannya adalah metode penelitian survei. Penelitian ini dilakukan di kantor PKK Perumahan Sawojajar Jl. Danau Sentani RW 07. Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah motif dari Ibu-ibu PKK dalam menonton tayangan Master Chef di RCTI. Definisi operasional dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga indikator, yaitu motif informatif, motif hiburan dan motif integritas sosial.Populasi dari penelitian ini adalah ibu-ibu PKK Perumahan Sawojajar Jl. Danau Sentani RW 07, yang telah memenuhi kriteria populasi, dan ditemukan sebanyak 63 ibu-ibu PKK yang dijadikan populasi. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, karena jumlah populasinya kurang dari 100. Maka jumlah populasi tersebut yang dijadikan sebagai sampel penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis rata-rata (Mean). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menggunakan analisis rata-rata (Mean) dapat diketahui dari masing-masing motif yang menjadi indikator dalam penelitian ini masuk dalam kategori penilaian yang tinggi. Artinya dari untuk motif informatif, motif hiburan dan motif integritas sosial merupakan alasan dari responden untuk menyaksikan acara Master Chef yang masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan analisis rata-rata (mean) dari motif informatif ditemukan nilai mean sebesar 3,7. Dan apabila disesuaikan dengan kategori penilaian masuk dalam kategori tinggi. Artinya, motif informatif ini merupakan faktor atau alasan yang tinggi bagi responden dalam menonton acara Master Chef. Berdasarkan analisis rata-rata (mean) dari motif informatif ditemukan nilai mean sebesar 3,9. Dan apabila disesuaikan dengan kategori penilaian masuk dalam kategori tinggi. Artinya, motif hiburan ini merupakan faktor atau alasan yang tinggi bagi responden dalam menonton acara Master Chef. Berdasarkan analisis rata-rata (mean) dari motif integritas sosial ditemukan nilai mean sebesar 3,8. Dan apabila disesuaikan dengan kategori penilaian masuk dalam kategori tinggi. Artinya, motif integritas sosial ini merupakan faktor atau alasan yang tinggi bagi responden dalam menonton acara Master Chef. Dari keseluruhan hasil analisis ketiga motif yang digunakan dalam penelitian ini masuk dalam kategori tinggi. Namun, dari jumlah rata-ratanya, motif hiburan mempunyai nilai paling tinggi yaitu sebesar 3,9.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 May 2016 04:22
Last Modified: 19 May 2016 04:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30342

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo