UMM Institutional Repository

PERGESERAN KONSEP KELUARGA SAKINAH MENURUT AKTIVIS MUHAMMADIYAH KOTA MALANG

Bakrisuk, Jamal (2013) PERGESERAN KONSEP KELUARGA SAKINAH MENURUT AKTIVIS MUHAMMADIYAH KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jamalbakri-30711-1-pendahul-..pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jamalbakri-30711-2-babi.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Keluarga adalah sebuah bangunan yang terdiri dari. Dalam konsep keluarga Islam yang sering disebut sebagai keluarga sakinah, didalamnya terdapat prinsip penanaman moral dan akhlak bagi setiap anggota keluarga. saat ini terdapat banyak tantangan yang dihadapi keluarga Islam, sehingga mempersempit makna keluarga. hal itu disebabkan oleh faktor mendasar yaitu terjadinya transformasi budaya, termasuk didalamnya gaya hidup yang semakin tidak terhindarkan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi diakui ataupun tidak mempengaruhi keluarga Islam. melihat kondisi sosial masyarakat menjadi hal yang lumrah terjadinya pergeseran nilai dalam keluarga, sehingga penelitian ini mencoba memetakan kembali konsep keluarga sakinah yang didambakan oleh setiap keluarga Muslim. Karena di manapun berada keluarga Muslim selalu memiliki identitas meskipun berada dalam Negara atau Masyarakat mayoritas non Muslim. Harapannya keluarga menjadi profil sebuah Negara, artinya keluarga adalah miniature Negara baik buruknya suatu Negara tergantung kepada keluarga. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan melihat fenomena yang berlangsung dalam masyarakat. Data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi, interview dan teknik analisa data dengan konfirmasi agar mendapatkan data yang valid dan akurat. Konsep keluarga sakinah bukanlah hal baru dalam ajaran Islam, karena keluarga sakinah menjadi indikasi keluarga bahagia. Keluarga dalam khazanah fiqh termasuk dalam bab muamalah, sehingga dalam khazanah fiqh klasik tentu berbeda dengan fiqh saat ini, hal itu disebabkan dalam muamalah selalu dapat berubah dan dinamis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 19 May 2016 04:22
Last Modified: 19 May 2016 04:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30341

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo