UMM Institutional Repository

PENGARUH KEWIBAWAAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MI AWALIYAH BULAKGADUNGAN MANTINGAN NGAWI

Muslimin, (2013) PENGARUH KEWIBAWAAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MI AWALIYAH BULAKGADUNGAN MANTINGAN NGAWI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muslimin09-30662-1-pendahul-n.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muslimin09-30662-2-babi.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Dalam ranah pendidikan, kewibawaan merupakan syarat utama yang harus dimiliki guru dalam mendidik dan membimbing siswa. Bimbingan atau pendidikan akan efektif bila ada kepatuhan dari pihak siswa, sedang kepatuhan hanya akan didapat bila pendidik mempunyai kewibawaan. Disinyalir pula, bahwa kewibawaan pendidik berkait erat dengan prestasi belajar anak didik. Hal ini memungkinkan, mengingat kewibawaan pendidik memberi pengaruh kepada sikap anak didik, yakni mereka akan lebih respek dengan pelajaran yang disampaikan. Kerespekan itu kemudian akan berubah menjadi semangat mendalami pelajaran dan menguasainya secara baik, dan penguasaan yang baik itu kemudian akan melahirkan prestasi. Secara lebih spesifik, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kewibawaan guru terhadap prestasi belajar siswa di MI Awaliyah Bulakgadungan, Mantingan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah 38 siswa dari kelas V dan VI. Pengumpulan data mengenai kewibawaan guru diperoleh dari angket, sedangkan prestasi belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran aqidah akhlak. Selanjutnya, untuk mencari pengaruh kewibawaan guru terhadap prestasi belajar siswa dipakai analisa data korelasi product moment. Dari paparan data diperoleh bahwa kewibawaan guru tergolong sangat baik (3,443) karena masuk dalam interval antara 3.00-4.00. Adapun prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak tergolong juga sangat baik (7,59), karena berada dalam interval nilai antara 70,99 - 79,99. Dengan analisa data product moment diperoleh hasil bahwa korelasi antara kewibawaan guru (X) dan prestasi belajar siswa (Y) adalah 0,789. Angka ini setelah dikonsultasikan dengan rtabel ternyata hasilnya lebih besar, baik dalam taraf signifikasi 5% (0,312) maupun 1% (0,413). Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar wibawa yang dimiliki guru, maka akan semakin baik pula tingkat prestasi siswa. Dengan demikian, hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 19 May 2016 04:03
Last Modified: 19 May 2016 04:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30333

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo