UMM Institutional Repository

INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 WIDODAREN

UTAMI, KURNIA BUDI (2013) INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 WIDODAREN. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kurniabudi-30661-1-pendahul-n.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kurniabudi-30661-2-babi.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Dasar pemikiran yang melatarbelakangi penelitian ini ialah pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah yang dianggap kurang berhasil dalam menanamkan nilai-nilai agama yang diperlukan peserta didik dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Kenyataan di lapangan menunjukkan adanya keterbatasan strategi pembelajaran PAI, keprofesionalan guru PAI dalam melaksanakan proses pembelajaran masih kurang dan terbatas; materi PAI terkesan di dominasi hal-hal yang normatif, ritualistik dll. Permasalahannya adalah sejauh mana sekolah mampu memfasilitasi berbagai kegiatan yang mendukung inovasi strategi pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Inovasi strategi pendidikan agama islam (PAI) di SMPN 1 Widodaren Ngawi, melihat hasil strategi pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah aktivitas-aktivitas inovasi strategi pembelajaran PAI di SMPN 1 Widodaren Ngawi. Subjek penelitian ini adalah stake holder SMPN 1 Widodaren Ngawi. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Inovasi Strategi Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Widodaren sebagai berikut; a) Pembelajaran PAI di sekolah tersebut pada umumnya mengembangkan dua macam strategi pembelajaran, yaitu; pertama, strategi pembelajaran yang bersifat exspositori learning; dan kedua, strategi pembelajaran yang bersifat cooperative learning. b) Hasil inovasi strategi pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Widodaren menunjukkan bahwa dari aspek kognitif dan afeksi cukup baik; namun, cenderung menekankan tercapainya / selesainya materi ajar, tanpa memberikan live skill (kecakapan hidup) kepada peserta didik. c) Upaya dalam meningkatkan efektivitas inovasi strategi pembelajaran PAI sebagai berikut: 1) meningkatkan keprofesionalan guru PAI; dalam bentuk mengikuti pelatihan, diklat, talk show, sertifikasi lewat pendidikan, dan memberikan kesempatan memperoleh beasiswa kepada guru PAI untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi (S2/Magister). 2) mengubah paradigma dalam pembelajaran PAI (Tekstual- Integratif); 3) mengembangkan materi PAI sesuai dengan realitas kebutuhan masyarakat/umat. 4) melengkapi media pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 19 May 2016 04:01
Last Modified: 19 May 2016 04:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30331

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo