UMM Institutional Repository

MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SD MUHAMMADIYAH 1 NGAWI

BUNYAMIN, (2013) MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SD MUHAMMADIYAH 1 NGAWI. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bunyamin09-30658-1-pendahul-n.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bunyamin09-30658-2-bab1.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Manajemen Bimbingan dan Konseling di SD Muhammadiyah 1 Ngawi, dengan tujuan mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan hasil pelayanan bimbingan dan konseling di SD Muhammadiyah 1 Ngawi. Untuk menggali data tersebut, penulis menggunakan metoda observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket, sehingga data yang diperlukan dapat terpenuhi dengan metode tersebut. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas sebagai guru bimbingan dan konseling dan siswa SD Muhammadiyah 1 Ngawi. Setelah melakukan penelitian akhirnya penulis mendapatkan data riil baik administrasi maupun informasi di lapangan tentang profil sekolah bahkan hasil rekaman yang dapat penulis jadikan sebagai bukti penelitian. Selanjutnya setelah penulis mengumpilkan data, kemudian dilakukan analisis secara kualitatip yaitu analisis dan interpretasi dilakukan secara kritis, yang langkah selanjutnya melakukan eksplorasi dengan mengangkat makna dari hasil penelitian yang dicapai sebagai sumbangan pemikiran bagi pengembangan sekolah kearah bang lebih baik. Akhirnya penulisw menyimpulkan bahwa : Program kegiatan bimbingan dan konseling SD Muhammadiyah 1 Ngawi itu disusun berdasar keperluan atau tuntutan administrasi,. Keterlibatan penyusunan Program kerja Bimbingan masih sangat terbatas, keberadaannya belum dianggap sebagai sebuah kebutuhan yang dapat berpengaruh besar terhadap perkembangan sekolah.(perencanaan) Uraian tugas yang seharusnya disusun oleh sekolah sebagai bentuk persiapan untuk melakukan sosialisasi, belum tersusun dengan lengkap dan jelas. Karena itu kegiatan bimbingan dan konseling hanya diketahui sebagian kecil tenaga yang ada atau hanya Guru tertentu saja.(pengorganisasian) Tenaga Pendidik dan tenaga kependidikan di SD Muhammadiyah 1 Ngawi kurang memahami terhdap Bimbingan dan konseling secara ilmu, karena sesungguhnya praktek layanan bimbingan dan konseling telah banyak dilakukan oleh SD Muhammaiyah 1 Ngawi baik layanan pribadi, layanan sosial, layanan belajar dan layanan karie(pelaksanaan) Kepengawasan yang prosedural, yang dilakukan SD Muhammadiyah 1 Ngawi belum menyeluruh, karena kepengawasan yang dilakukan adalah kepengawasan didominir kepengawasan kepada siswa.(pengawasan) Fakta menunjukkan bahwa hasil bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah 1 Ngawi hasilnya cukup menggembirakan.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 19 May 2016 03:55
Last Modified: 19 May 2016 03:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30327

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo