UMM Institutional Repository

PESAN PENDIDIKAN DI INDONESIA DALAM FILM (Analisis Isi pada Film Laskar Pelangi Karya Riri Reza)

FERDIANTO, WAHYU (2012) PESAN PENDIDIKAN DI INDONESIA DALAM FILM (Analisis Isi pada Film Laskar Pelangi Karya Riri Reza). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--wahyuferdi-27282-1-pendahul-n.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--wahyuferdi-27282-2-babi.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Film Laskar Pelangi yang disutradarai oleh Riri Reza adalah sebuah film pendidikan dimana dalam film tersebut terdapat berbagai macam masalh-masalah yang sangat komplet kaum kecil rakyat belitung tahun ‘70an. Diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh penulisnya sendiri, buku “Laskar Pelangi” menceritakan kisah masa kecil anak-anak kampung dari suatu komunitas Melayu yang sangat miskin Belitung. Anak orang-orang ‘kecil’ ini mencoba memperbaiki masa depan dengan menempuh pendidikan dasar dan menengah di sebuah lembaga pendidikan yang puritan. Bersebelahan dengan sebuah lembaga pendidikan yang dikelola dan difasilitasi begitu modern pada masanya, SD Muhammadiyah-sekolah penulis ini, tampak begitu kurang maju dibandingkan dengan sekolah-sekolah PN Timah (Perusahaan Negara Timah). Mereka tersudut dalam ironi yang sangat besar karena kemiskinannya justru berada di tengah-tengah gemah ripah kekayaan PN Timah yang mengeksploitasi tanah leluhur mereka. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar frekuensi kemunculan pesan pendidikan dalam film Laskar Pelangi karya Riri Reza? Film dalam bentuk konkrit / riil adalah sebuah pita seluloid transparan berisi gambar dan suara yang disorotkan kelayar pada ruangan yang digelapkan dengan bantuan sebuah alat bernama proyektor (diktat Kine klub;2003). Menurut Syah (2005,10) dalam arti luas pendidikan dapat diartikan sebuah proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan. Adapun kategorisasi dalam analisis isi ini terbagai menjadi kategori peserta didik dan guru, kategori pendidikan, kategori aktivitas belajar mengajar, dan kategorisasi sistem pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah setiap scene dalam film Laskar Pelangi karya Riri Reza.Unit analisis dalam penelitian ini adalah setiap scene yang sesuai dengan kategorisasi baik berupa dialog maupaun adegan dalam Film Laskar Pelangi karya Riri Reza.Satuan ukur dalam penelitian ini adalah frekuensi kemunculan scene yang sesuai dengan kategorisasi dalam film Laskar Pelangi karya Riri Reza. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis isi dengan menggunakan rumus Hostly dengan diperkuat dengan uji keterhandalan Scot Pi. Berdasarkan analisa data dan hasil pengkodingan, muncul 35 scene dari 132 scene yang sesuai dengan kategorisasi dan telah disepakati oleh kedua koder dari film Laskar Pelangi Karya Riri Reza. Yaitu 7 scene atau 5,76% untuk kategorisasi peserta didik dan guru, 21 scene atau 15,91% untuk kategorisasi fasilitas pendidikan, 5 scene atau 3,79% untuk kategori proses belajar mengajar, dan 2 scene atau 1,51% untuk kategorisasi sistem pendidikan. Jadi dari penemuan tersebut dapat diketahui bahwa kategori fasilitas pendidikan mendominasi atas kemunculan dari scene yang mengandung pesan pendidikan yaitu sebanyak 21 scene atau 15,91%. Dari perhitungan uji reliabilitas hostly, untuk kategori peserta didik dan guru peneliti mendapatkan nilai reliabilitas sebesar 0,95 dan nilai keterhandalan berdasarkan rumus scott pi juga 0,95. Kategori fasilitas pendidikan didapatkan nilai reliabilitas sebesar 0,94 dengan nilai keterhandalan 0,86. Untuk kategori proses belajar mengajar, peneliti menemukan nilai reliabilitas sebesar 0,94 dengan nilai keterhandalan 0,94. Untuk kategori sistem pendidikan peneliti menemukan nilai reliabilitas sebesar 1 dengan nilai keterhandalan juga 1. Dari data pengkodingan, dapat diketahui bahwa scene yang menggambarkan kategorisasi fasilitas pendidikan mendominasi dari keempat kategori yang telah ditentukan. Dari 132 total scene pada film Laskar Pelangi terdapat 21 scene yang mewakili kemunculan kategorisasi dari fasilitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 May 2016 03:57
Last Modified: 19 May 2016 03:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30326

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo