UMM Institutional Repository

STUDI KORELASI ANTARA INTELEGENSI SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR AL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG viii AL-QUR'AN HADIS DI MAN NGRAMBE

Arkanuddin, (2013) STUDI KORELASI ANTARA INTELEGENSI SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR AL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG viii AL-QUR'AN HADIS DI MAN NGRAMBE. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arkanuddin-30652-1-pendahul-n.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arkanuddin-30652-2-bab1.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

kan dalam belajar sehingga pada gilirannya akan memberikan hasil yang optimal. Sebagai unsur kognitif, inteligensia memegang peranan yang cukup penting. Bahkan kadang-kadang timbul anggapan yang menempatkan inteligensia pada peranan yang melebihi proporsi yang sebenarnya. Di lain pihak, keberhasilan atau prestasi belajar ditentukan oleh interaksi berbagai faktor. Peranan faktor penentu itu tidak selalu sama dan tetap. Besarnya kontribusi salah satu faktor akan ditentukan oleh kehadiran faktor lain dan sangat bersifat situasional, yaitu tidak dapat diprediksikan dengan cermat akibat keterlibatan faktor lain yang sangat variatif. Penelitian ini bertujun untuk mengungkap seberapa besar korelasi antara tingkat inteligensi dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur'an-Hadits pada siswa MAN Ngrambe Ngawi Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X MAN Ngrambe, dengan mengambil sampel 37 dari populasi 101 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara. Sedang analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat inteligensi siswa berada pada kategori cerdas dengan prosentase 48,65 dan rata-rata (average) dengan prosentase 48,65%. Adapun prestasi belajar siswa berada pada kategori lebih dari cukup, yaitu dengan nilai rata-rata 76,68. Setelah dilakukan analisa didapat hasil bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara inteligensi dengan prestasi belajar, dengan rxy sebesar 0,660. Ternyata rxy dilihat pada tabel r taraf signifikansi 5% sebesar 0,325 dan pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,418. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat inteligensi siswa maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar mereka.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 19 May 2016 03:50
Last Modified: 05 Mar 2018 06:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30324

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo