UMM Institutional Repository

MODEL IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MI NURUSSALAM SAMBIREJO MANTINGAN NGAWI

Amir, (2013) MODEL IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MI NURUSSALAM SAMBIREJO MANTINGAN NGAWI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-amir091300-30651-1-pendahul-n.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-amir091300-30651-2-babi.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di MI Nurussalam Sambirejo Kec. Mantingan, meliputi karakteristik manajemen berbasis sekolah, tugas kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dan peran guru dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah dan delapan guru di MI Nurussalam. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode pengamatan atau observasi non partisipan, metode wawancara dan metode dokumentasi. Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data dari hasil wawancara, hasil observasi dan dukomentasi yang berhubungan dengan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. Setelah itu dilanjutkan dengan mengadakan reduksi data dan verifikasi untuk pengambilan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi yaitu data observasi yang diperoleh dipadukan dengan data wawancara atau data dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah memiliki karakteristik manajeman berbasis sekolah, walaupun belum berjalan secara efektif dikarenakan pendanaan terbatas dan kurangnya pemahaman guru tentang manajemen berbasis sekolah. Tugas kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah menggambarkan kemampuannya memimpin sekolah karena didukung oleh tingkat pendidikan yang sesuai dan wawasan yang luas tentang manajemen berbasis sekolah. Peran guru sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, administrator dan sebagai evaluator cukup mendukung pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. Dilihat dari latar belakang pendidikan guru, kemampuan guru sudah sesuai walaupun pengalaman guru tentang manajemen berbasis sekolah masih kurang. Hal tersebut disebabkan selain manajemen berbasis sekolah masih merupakan konsep yang baru juga karena pelaksanaan manajemen berbasis sekolah merupakan tanggung jawab semua warga sekolah terutama komite sekolah dan tidak hanya dibebankan kepada kepala sekolah, guru dan siswa. Selain itu masih kurangnya kegiatan-kegiatan yang mengasah keterampilan manajemen berbasis sekolah seperti pelatihan, seminar, workshop dan lain-lainnya yang dikhususkan untuk guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 19 May 2016 03:47
Last Modified: 19 May 2016 03:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30322

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo