UMM Institutional Repository

"PENGARUH TERPAAN PESAN IKLAN TELEVISI KARTU SELULAR XL TERHADAP TINGKAT PENGGUNAAN KARTU SELULAR XL" (Studi Pada kartu selular XL versi "Ampuh Murahnya 24 Jam (Mencari Ayah)" dan Remaja Umur 17-21 tahun di Dusun Bunut Tunjungtirto Singosari)

SHOLICHAH, (2012) "PENGARUH TERPAAN PESAN IKLAN TELEVISI KARTU SELULAR XL TERHADAP TINGKAT PENGGUNAAN KARTU SELULAR XL" (Studi Pada kartu selular XL versi "Ampuh Murahnya 24 Jam (Mencari Ayah)" dan Remaja Umur 17-21 tahun di Dusun Bunut Tunjungtirto Singosari). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--sholichah0-27347-1-pendahul-n.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--sholichah0-27347-2-bab1.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas fenomena persaingan bisnis operator seluler yang akhir-akhir ini semakin ketat, Salah satunya tampak dari pemasangan iklan berbagai operator seluler ditelevisi. Iklan dibuat sedemikian rupa agar dapat menarik minat khalayak. Iklan televisi yang diteliti adalah XL versi "Ampuh Murahnya 24 Jam (Mencari Ayah)". Peneliti tertarik meneliti iklan ini karena promo "Ampuh Murahnya 24 Jam" ini baru pertama kali dikeluarkan oleh XL. Paket ini menerapkan single time band artinya selama 24 jam, tarifnya sama. Sehingga tidak ada pembedaan tarif untuk satu hari. Segmentasinya adalah remaja usia 17-21 tahun di Dusun Bunut Tunjungtirto Singosari. Alasan memilih tempat tersebut karena desa tersebut merupakan jangkauan wilayah XL. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh terpaan pesan iklan televisi kartu selular terhadap tingkat penggunaan kartu selular XL". Jika ada, seberapa besar pengaruh terpaan pesan iklan televisi kartu selular XL terhadap tingkat penggunaan kartu selular XL". Sedangkan penelitian ini menggunakan tipe eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling menggunakan Simple Random Sampling dari 66 orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDDA yang merupakan rumusan iklan, yang meliputi : Attetion yaitu perhatian, Interest yaitu ketertarikan, Desire yaitu keinginan, Decision yaitu keputusan, dan Action yaitu tindakan. Penyampaian pesan dengan cara membangkitkan perhatian komunikan adalah unsur yang sangat penting dalam berkomunikasi. Teori ini menjelaskan suatu proses psikologis yang terjadi pada diri khalayak (komunikan) dalam menerima pesan komunikasi. Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara pengaruh terpaan pesan iklan televisi kartu selular XL terhadap tingkat penggunaan kartu selular XL" adalah uji regresi linier sederhana dan uji t yang digunakan untuk menguji koefisien regresi secara parsial. Berdasarkan hasil penelitian diketahui Ada pengaruh terpaan pesan iklan XL terhadap penggunaan kartu selular XL secara signifikan. Berdasarkan perhitungan nilai koefisien regresi diperoleh hasil sebesar 0,288 yang berarti bahwa pengaruh antara terpaan pesan iklan XL terhadap penggunaan kartu XL secara signifikan sebesar 28,8%. Hipotesis dari penelitian terjawab dengan dengan tingkat keyakinan 95% (a= 5%) nilai t hitung sebesar 5,091 dan t tabel sebesar 2,00 berarti nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel. Jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Diharapkan dapat menjadi masukan dan sebagai bahan evaluasi bagi Pihak XL dalam meningkatkan mutu produk yang diiklankan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 May 2016 03:49
Last Modified: 20 Mar 2018 03:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30321

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo