UMM Institutional Repository

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN TENAGA EDUKATIF (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Paron Ngawi)

SUPARJAK, (2013) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN TENAGA EDUKATIF (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Paron Ngawi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suparjak09-33297-1-pendahul-n.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suparjak09-33297-2-babi.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan tenaga edukatif sebagai elemen terpenting dalam sebuah sistem pendidikan dan sebagai ujung tombak. Kepribadian guru seperti memberi perhatian, hangat dan supportif, sangat diyakini bisa memotivasi yang pada gilirannya meningkatkan prestasi siswa dan membantu perkembangan prestasi akademik mereka secara signifikan. Sehingga siswa memberi respon dan bisa diajak kerjasama dalam proses belajar mengajar. Lebih jauh, rasa hormat dan kasih sayang yang seorang guru merupakan syarat utama kesuksesan siswa. Sebab sistem belajar mengajar dikatakan berhasil baik jika dalam proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan efektif dan berhasil dengan out put yang memuaskan. Maka perlu strategi tertentu bagi Kepala sekolah dalam memotivasi dan membina guru agar kualitas belajar mengajarnya bisa metingkat yang didukung oleh semua komponen yang ada seperti: Pengawas Pendidikan Agama Islam, guru, GBPP, manajemen/administrator, sarana prasarana, siswa, masyarakat dan sebagainya. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah bagian dari Sekolah yang memacu peningkatkan kwalitas pembelajaran. Sejak berdirinya tahun 2006 Sekolah ini terus mengalami kemajuan. Saat ini memiliki 803 siswa, 51 guru. Prestasi Sekolah ini sejak lulusan peramanya selalu 100 % lulus Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbentuk studi kasus, yaitu pada SMK Negeri 1 Paron Ngawi dengan nara sumber Kepala Sekolah, guru, Komite Sekolah sebagai purposive sampling. Metode penelitian memakai metode interview mendalam tak terstruktur, metode observasi peran serta dan metode dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi, membicarakan dengan teman sejawat, memakai bahan referensi dan pengecekan. Dalam rangka mengungkap strategi Kepala SMK Negeri 1 Paron Ngawi Dari hasil penelitian terungkap bahwa pelaksanaan pembinaan sudah maksimal karena sudah pada penyampaian creation, sedangkan pada tingkat aksi dan evaluasi juga sering dilakukan supervisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 19 May 2016 03:43
Last Modified: 19 May 2016 03:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30318

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo