UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA CITRA PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN TERKAIT ISU KASUS KANDUNGAN MINYAK BABI (Study Pada Konsumen Ice Cream Magnum Mahasiswa Komunikasi 2008 Universitas Muhammadiyah Malang)

Meridianti, Prima (2012) HUBUNGAN ANTARA CITRA PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN TERKAIT ISU KASUS KANDUNGAN MINYAK BABI (Study Pada Konsumen Ice Cream Magnum Mahasiswa Komunikasi 2008 Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--primamerid-27350-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--primamerid-27350-2-bab1.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini di latar belakangi karena peneliti ingin mengetahui hubungan antara citra produk terhadap minat beli konsumen terkait isu kasus kandungan minyak babi yang terdapat pada ice cream magnum. Ice crema magnum dipilih sebagai produk yang diteliti, karena fenomena yang di timbulkan ice cream magnum di anggap berhasil menghipnotis konsumen. Efek yang luar biasa yang terjadi pada fenomena kini sangat susah di cari. Bahkan di salah satu mini market terpasang tulisan “stok kosong”. Ini membuktikan ice cream magnum berhasil memikat konsumen yang membelinya. Di tambah lagi dengan adanya isu kasus kandungan minyak babi. Pengertian citra produk itu sendiri adalah kesan masyarakat dari mempersepsi (memikirkan) tentang produk tersebut (kotler, 2005:358). Ada dua fator yang mempengaruhi citra produk yaitu faktor internal (dalam), yang berkaitan dengan ekspentasi serta penghargaan dan pengalaman. Dan faktor external (luar) yang berkaitan dengan sifat-sifat stimulus, tampakan produk, serta situasi lingkungan. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya hubungan antara citra ice cream magnum terhadap minat beli konsumen terkait isu kasus kandungan minyak babi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian asosiatif yang merupakan dugaan tentang adanya hubungan antara variabel dalam populasi yang akan di uji melalui hubungan antar variabel dalam sampel yang di ambil dari populasi tersebut. Dalam penelitian ini, teknik sampel yang di gunakan adalah sampling purposive yang merupakan penentuan sampel dengan pertimbangan tertenu (melalui kriteria), sehingga sampel dalam penelitian ini adalah mahasiwa Ilmu Komunikasi angkatan 2008 yang masih aktif , mahasiswa yang mengetahui produk ice cream magnum dan mahasiwa yang mengetahui isu kasus kandungan minyak babi pada ice cream magnum, dengan jumlah sampel sebanyak 150 orang. Penelitian ini menggunakan skala likert dengan menggunakan dua variabel yaitu variabel citra produk dan variabel minat beli. Metode analisi data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product moment dengan nilai (r) hit ≥ 0,616 daripada (r) tab 0,159, sedangkan untuk uji reabilitas menggunakan tehnik alpha cronbach dengan nilai alpha ≥ 0,6 sedangkan teknik analisa data menggunakan uji korelasi product moment dari Karl Pearson dengan program SPSS versi 12.00. Berdasarkan analisa data, maka didapatkan hasil r = 0,616 yang berarti bahwa ada hubungan yang sangat signifikan (bermakna atau berarti) antara citra produk terhadap minat beli konsumen pada produk ice cream magnum. Hal ini berarti bahwa pada subjek yang memiliki citra produk yang positif, minat beli produk tinggi, begitu juga sebaliknya. Citra produk memberikan sumbangan efektif terhadap minat beli sebesar 37,9% sedangkan sisanya 62,1 dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 May 2016 03:38
Last Modified: 19 May 2016 03:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30315

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo