UMM Institutional Repository

ANALISIS ISI PESAN DALAM FILM (Studi Pada Film Minggu Pagi di Victoria Park Karya Lola Amaria)

Pamungkas, Ardianto (2012) ANALISIS ISI PESAN DALAM FILM (Studi Pada Film Minggu Pagi di Victoria Park Karya Lola Amaria). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--ardiantopa-27353-1-pendahul-n.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--ardiantopa-27353-2-babi.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengambil judul film Minggu Pagi Di Victoria Park sebagai objek penelitian. Salah satu alasan peneliti mengambil film ini sebagai tema penelitian adalah karena masih sedikitnya film produksi indonesia yang mengangkat permasalahan sosial seperti Tenaga Kerja Wanita (TKW). Munculnya film Minggu Pagi Di Victoria Park dapat dikatakan sebagai pelopor film yang berani mengangkat permasalahan sosial seperti masalah Tenaga Kerja Wanita yang bekerja di luar negeri ditengah maraknya film – film yang bertemakan percintaan remaja, sex dan horor. Film garapan Lola Amaria ini juga meraih penghargaan di beberapa kategori seperti unggulan pada Festival Film Indonesia (FFI) dengan kategori film terbaik, unggulan film terbaik dengan sutradara terbaik. Film Minggu Pagi Di Victoria Park menceritakan tentang kehidupan para TKW Indonesia yang bekerja di Hongkong dengan tokoh sentral yaitu Mayang dan Sekar yang merupakan dua saudara kandung. Berbeda dengan kehidupan TKW Indonesia di Timur Tengah dan Malaysia yang sering diberitakan mengalami berbagai tindak kekerasan namun berbeda halnya dengan pemberitaan TKW Indonesia yang berada di Hongkong yang hampir tidak terdengar. Dalam film ini Lola Amaria berusaha menggambarkan lika – liku perjalanan kehidupan para pahlawan devisa di Hongkong dengan segala permasalahan kehidupan yang mereka hadapi di Hongkong. Atas dasar itu pula maka peneliti memilih untuk menganalisa isi seberapa banyak pesan sosial yang dimunculkan pada film Minggu Pagi Di Victoria Park,dengan metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian adalah setiap scene dalam film Minggu Pagi Di Victoria Park yang di jelaskan melalui unit analisis Visual dan Dialog. Peneliti juga menetapkan tiga kategori yaitu : Kategori pesan sosial budaya, kategori pesan sosial norma dan etika dan kategori pesan sosial pendidikan. Peneliti juga menggunakan rumus Holsty untuk menghitung uji reliabilitas dan validitas dan peneliti menggunakan dua orang koder sebagai pembanding dan penilaian peneliti terhadap kemunculan pesan sosial dalam scene film Minggu Pagi Di Victoria Park. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa kemunculan pesan sosial yang terdapat dalam film Minggu Pagi Di Victoria Park ini cukup besar dengan presentase 97,24% dihitung dari kemunculan 106 scene dari total 109 scene yang mengandung unsur pesan sosial yang telah ditetapkan kategorinya oleh peneliti dan hasil yang dilakukan oleh 2 orang koder yang juga menyatakan bahwa film Minggu Pagi Di Victoria Park ini memiliki pesan sosial dengan kemunculan terbanyak kategori sosial budaya yaitu sebesar 58 kali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 May 2016 03:29
Last Modified: 19 May 2016 03:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30311

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo