UMM Institutional Repository

PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG TEATER MAMANDA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI TRADISIONAL (Studi pada masyarakat Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan)

FEBRIAN, AULIA (2012) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG TEATER MAMANDA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI TRADISIONAL (Studi pada masyarakat Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--auliafebri-27354-1-pendahul-n.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--auliafebri-27354-2-babi.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Teater Mamanda merupakan salah satu kesenian tradisional serta hasil kebudayaan masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan. Teater Mamanda boleh dikatakan serumpun dengan "wayang bangsawan" di kepulauan Riau berdasarkan cerita 1001 malam, dengan teater "mendu" yang dikenal di pulau Natuna, Riau. Persamaan teater mamanda dengan mendu terutama dalam arti pertunjukkan yang dilakukan di arena, tanpa panggung, serta penggunaan meja dan kursi untuk memberi suasana, juga dalam hal setting yang menggunakan suasana kerajaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat tentang Teater Mamanda sebagai Media Komunikasi Tradisional orang Banjar? Teater berasal dari bahasa Yunani, "Theatron" yang artinya "tempat atau gedung pertunjukkan". Teater diartikan sebagai drama, yaitu lakon atau kisah hidup manusia yang dipertunjukkandi atas pentas dan disaksikan orang banyak. Komunikasi Tradisional merupakan proses komunikasi yang dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan, melalui media tradisional. Definisi operasional dalam penelitian ini adalah Frekuensi menonton teater Mamanda, Pemahaman tentang pesan yang disampaikan dalam cerita yang dimainkan oleh teater Mamanda, Sikap masyarakat terhadap teater Mamanda, Penilaian Masyarakat terhadap teater Mamanda sebagai media komunikasi, dan Penilaian masyarakat terhadap jenis-jenis pesan yang disampaikan dalam cerita yang dimainkan oleh teater Mamanda. Penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, dimana penyajian datanya menggunakan table distribusi frekuensi guna mempermudah peneliti dalam proses penganalisisan, dan kemudian dicari rata-rata hitung pada setiap kategorinya. Populasi yang diambil adalah masyarakat desa Simpang Empat kecamatan Pengaron yang pernah melihat pementasan teater Mamanda minimal 2 kali. Berdasarkan hasil pra survei, didapatkan bahwa jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebesar 43 orang. Teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan total sampling, yaitu mengambil keseluruhan dari jumlah populasi karena jumlahnya kurang dari 100. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunkan analisa rata-rata (Mean). Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan, didapatkan hasil rat-rata sebesar 2,43 yang berada pada selang nomor 2 dalam kategori penilaian dan masuk pada selang nomor 2 dalam kategori penilaian baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat Simpang Empat Kabupaten Banjar tentang teater Mamanda sebagai media komunikasi tradisional adalah positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 May 2016 03:24
Last Modified: 15 Mar 2018 02:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30310

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo