UMM Institutional Repository

REPRESENTASI KONFLIK INTERNAL DAN HORISONTAL DALAM MASYARAKAT MODERN (Analisis Semiotik Iklan A Mild versi GO AHEAD "Bubble")

Bangun, Bramantyas Asmara (2011) REPRESENTASI KONFLIK INTERNAL DAN HORISONTAL DALAM MASYARAKAT MODERN (Analisis Semiotik Iklan A Mild versi GO AHEAD "Bubble"). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-bramantyas-22612-Pendahul-n.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-bramantyas-22612-Bab+I.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemunculan iklan A Mild dengan mengusung brand baru yang bertajuk GO A HEAD. Dimana skripsi ini ditujukan untuk mengungkap makna yang tersembunyi dari salah satu iklan A Mild yakni "Bubble", dalam iklan ini menunjukkan bahwa setiap orang dalam kehidupannya memiliki gelembung tersendiri yang berwarna abu-abu, gelembung itu bisa bermacam-macam ukurannya sesuai dengan pribadi individu. Maka untuk mengungkap apa makna pesan dari Iklan "Bubble" tersebut, peneliti menggunakan teori semiotika Roland Barthes, dimana setiap tanda dalam shot diintepretasikan kedalam makna denotatif dan konotatif sehingga dapat mengetahui makna yang tampak dan tidak tampak menjadi lebih jelas dan dapat dipahami, gambaran masyarakat modern dalam iklan "Bubble" ini secara garis besar menggunakan setting pada area perkotaan dan disampaikan dengan gerakan visual, audio yang digunakan hanya dari themesong GO A HEAD "Bubble", sehingga peneliti harus lebih mendalam dalam memaknai dan menempatkan posisi yang tepat dari denotasi dan konotasi. Sedangkan dari jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif dari interpretasi peneliti yang dilakukan untuk mengungkap makna dari berbagai informasi kualitatif yang dijelaskan secara deskriptif sehingga didapat interpretasi makna yang mengarah pada kesimpulan. Dengan melalui pemaknaan yang dilakukan oleh peneliti, maka telah ditemukan hasil penelitian, dimana secara tidak langsung A mild memberikan pandangan kepada masyarakat, seperti apa konflik yang terkadang tanpa disadari tengah mereka hadapi, bagaimana cara kita menghadapi konflik mempengaruhi kehidupan tiap individu. Gelembung yang ada merupakan bentuk lain dari konflik yang dihadapi, maka semakin besar gelembung, semakin besar pula konflik atau tanggung jawab yang diemban, begitu pula dengan mencampur adukkan masalah dapat mempengaruhi gelembung tersebut membesar. Masyarakat modern sendiri sangat cenderung memiliki konflik Internal dan Horisontal dalam hidupnya, dimana semakin berkembang pola pikir, maka semakin kompleks konflik yang dihadapi, sehingga dengan ini peneliti menyatakan adanya kebenaran representasi konflik Internal dan Horisontal dalam masyarakat modern pada iklan ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 May 2016 06:42
Last Modified: 18 May 2016 06:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30309

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo