UMM Institutional Repository

PESAN MORAL DALAM FILM DRAMA (Analisis Isi film Sang Pemimpi Karya Riri Riza)

Mutmainah, Aminatul (2011) PESAN MORAL DALAM FILM DRAMA (Analisis Isi film Sang Pemimpi Karya Riri Riza). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-aminatulmu-22614-Pendahul-n.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-aminatulmu-22614-BAB+I.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Film merupakan salah satu bentuk media komunikasi massa. Film drama adalah salah satu genre film yang paling banyak diproduksi karena jangkauan ceritanya yang sangat luas, yang menampilkan tema, cerita, setting, karakter serta suasana yang memotret kehidupan nyata. Pembahasan utama dalam skripsi ini adalah mengenai pesan moral yang terkandung dalam film Sang Pemimpi. Moral adalah suatu perbuatan atau tingkah laku manusia dari segi baik buruknya dari kebiasaan dalam kehidupan dimasyarakat. Pesan moral dalam film ini digambarkan dengan bagaimana individu menjalin hubungan dengan orang lain disekelilingnya dan usaha yang dilakukannya untuk mewujudkan mimpinya. Peneliti tertarik untuk menganalisis berapa besar frekuensi kemunculan pesan moral yang terkandung dalam film Sang Pemimpi karya Riri Riza. Dalam penelitian ini untuk menjawab permasalahan yang diangkat dengan menggunakan metode analisis isi dengan tipe penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis isi adalah suatu teknik penelitian untuk membuat inferensi-inferensi yang dapat ditiru dan sahih data dengan memperhatian konteksnya. Dengan mencangkup prosedur-prosedur untuk proses data ilmiahnya. Tipe penelitiannya deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang menggunakan gambaran yang tepat suatu individu dan untuk menentukan frekuensi tentang sesuatu yang terjadi di masyarakat. Melalui metode analisis isi kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan dua koder dan didampingi peneliti untuk mengisi lembar koding yang telah disediakan, data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus holsty dan scoot. Hasil penelitian pada judul Pesan Moral dalam Film Drama (Analisis Isi Film Sang Pemimpi Karya Riri Riza) memiliki frekuensi kemunculan 75 Scene yang mengandung pesan moral dari 108 scene. Jika diprosentasekan menjadi 69,44%. Kategori percaya diri mempunyai frekuensi kemunculan paling banyak yaitu 28 kali. Kemudian diikuti kategori perhatian muncul sebanyak 24 kali. Kategori menghormati muncul sebanyak 9 kali. Kategori kebersamaan muncul 11 kali. Kategori keagamaan 4 kali. Kategori perselisihan muncul sebanyak 2 kali.. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa film Sang Pemimpi merupakan film drama pendidikan yang mengandung pesan moral yang dilakukan dengan adanya rasa percaya diri yang kuat yang dilakukan dengan bekerja keras, berusaha, dan giat belajar, apapun yang kita impikan dapat tercapai dengan mudah. Berdasarkan hasil yang telah didapat, bisa direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk mengungkap pesan moral yang terkandung dalam film yang bergenre lain agar lebih menarik dan dapat pula menggunakan meode lain seperti analisis semiotik, agar dapat diketahui pesan dan makna yang terkandung dalam film tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 May 2016 06:35
Last Modified: 18 May 2016 06:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30307

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo