UMM Institutional Repository

MAKNA PEMBERITAAN NBL (NATIONAL BASKETBALL LEAGUE) INDONESIA OLEH MAHASISWA AKTIVIS BOLA BASKET PADA SURAT KABAR JAWA POS (Studi Resepsi Pada Civitas Bola Basket Universitas Muhammadiyah Malang)

PRASETYA, CATUR ADI (2011) MAKNA PEMBERITAAN NBL (NATIONAL BASKETBALL LEAGUE) INDONESIA OLEH MAHASISWA AKTIVIS BOLA BASKET PADA SURAT KABAR JAWA POS (Studi Resepsi Pada Civitas Bola Basket Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-caturadipr-23985-Pendahul-n.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-caturadipr-23985-BAB+I.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Tumbuhnya olahraga sebagai suatu budaya populer seperti saat sekarang ini, dimana euphoria suatu event olahraga mampu menyedot perhatian masyarakat kedalamnya menjadi sesuatu yang dipandang "Precious" oleh media massa. Olahraga pun dijadikan sebagai industri komoditas bagi media massa untuk mencari keuntungan di sektor profit. Media menyajikan space berupa halaman tertentu khusus olahraga, bahkan media menjadi sponsor langsung dari suatu event olahraga tersebut. Sehubungan dengan kondisi tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana pemaknaan oleh mahasiswa aktivis bola basket selaku audiens media massa, terhadap pemberitaan NBL Indonesia pada surat kabar Jawa Pos, yang mana NBL Indonesia tersebut merupakan Liga Bola basket Profesional di Indonesia yang telah disponsori langsung oleh Jawa Pos, dan telah tergabung dalam perusahaan multi coporate Jawa Pos Group itu sendiri. Teori yang digunakan adalah Individual Differences Theory, memandang bahwa tidak ada audience yang relatif sama, pengaruh media massa pada masing-masing individu berbeda dan tergantung pada kondisi psikologis individu itu yang berasal dari pengalaman masa lalunya. dan Reception theory, yaitu sebuah alternatif untuk penelitian khalayak tradisional (berkaitan dengan perhitungan dan efek). yang mengambil sudut pandang audience, bukan media pengirim pesan dan melihat langsung pengaruh kontekstual pada penggunaan media dan penafsiran makna dari seluruh pengalaman seperti yang terlihat oleh penerima pesan"(Mc Quail, 2000:52) Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode studi resepsi, yang memfokuskan pada teks media dan pembacaan yang dilakukan oleh khalayak. Teks media dipandang sebagai pesan yang polisemik, terbuka terhadap berbagai kemungkinan pembacaan, dan khalayak dipandang sebagai produsen makna. Mereka memaknai dan mengintepretasi teks media sesuai dengan kondisi sosial dan keadaan budaya mereka dan juga dipengaruhi oleh pengalaman pribadi mereka, bisa sejalan dengan maksud teks media, namun bisa juga berlawanan. Adapun Unit analisis dalam penelitian ini mempunyai karakteristik; Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam kepengurusan CIBBM, dan pernah membaca halaman NBL Indonesia di surat kabar Jawa Pos. Dengan menggunakan teknik purposive sampling maka ditetapkan enam orang sebagai subyek dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian yang dilakukan kepada subyek penelitian dapat diketahui dalam mengungkapkan makna pemberitaan NBL Indonesia pada Harian Surat Kabar Jawa Pos, Mahasiswa Aktivis Bola Basket sangat dipengaruhi oleh faktor kontekstual yang berpengaruh dalam dirinya. Faktor kontekstual itu mencakup identitas khalayak, pemahaman / pengetahuannya terhadap teks, faktor psikolgis, sejarah / pengalaman masa lalu hingga isu ekonomi dan politik. Dari faktor-faktor itulah turut mempengaruhi bagaimana mereka membaca serta meresepsi teks media. Setiap berhubungan dengan teks media, maka mereka membawa kompetensi tersebut untuk menciptakan makna. Maka makna yang dihasilkanpun berfariatif antara individu satu dengan individu yang lainnya. Kadang sejalan dengan (preffered reading) makna yang dimaksudkan media, sehingga menjadi pembaca yang memaknai pada posisi dominan hegemonic, kadang kala hanya menerima sebagian prefrerred reading karena mempunyai pandangan lain untuk memberikan makna pada posisi negosiasi, atau bahkan menjadi pembaca pada posisi pemaknaan yang berlawanan / oposisi dengan teks karena memiliki pemahaman yang jauh berlawanan dengan makna yang dimaksudkan media.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 May 2016 06:25
Last Modified: 18 May 2016 06:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30304

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo