UMM Institutional Repository

Objektivitas Pemberitaan Kasus Suap Pajak Gayus Tambunan (Analisis Isi Pada Media Online Vivanews.com dan Metrotvnews.com Edisi 8 November - 22 November 2010)

Sari, Dhini Paramita (2011) Objektivitas Pemberitaan Kasus Suap Pajak Gayus Tambunan (Analisis Isi Pada Media Online Vivanews.com dan Metrotvnews.com Edisi 8 November - 22 November 2010). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dhiniparam-23989-PENDAHUL-N.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dhiniparam-23989-BAB+I.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kepentingan pribadi pemilik media yang berbeda dalam tubuh setiap media massa. Hal ini kerapkali mempengaruhi bagaimana dan kemana arah pemberitaan dibawa. Selain masalah kepentingan, latarbelakang wartawan yang berbeda, juga mempengaruhi bagaimana seseorang memandang sebuah peristiwa yang terjadi, bahkan adanya kepentingan politik juga memungkinkan sebuah berita ditulis dengan komponen yang berbeda. Salah satu pemberitaan yang menyajikan berita yang berkaitan dengan adanya kepentingan pribadi pemilik media adalah dalam kasus suap pajak Gayus tambunan di media online vivanews.com dan metrotvnews.com. Penyajian berita tersebut belum tentu objektif. Oleh karena itu, peneliti mengambil rumusan masalah bagaimana objektivitas pemberitaan kasus suap pajak Gayus Tambunan di media online vivanews.com dan metrotvnews.com. Objektivitas adalah nilai sentral yang mendasari disiplin profesi yang dituntut oleh para wartawan sendiri serta diperlukan untuk mempertahankan kredibilitas. Berita ialah laporan terkini tentang fakta atau pendapat yang penting atau menarik bagi khalayak dan disebar luaskan melalui media massa. Media massa merupakan media informasi yang terkait dengan masyarakat, digunakan berhubungan dengan khalayak (masyarakat) secara umum, dikelola secara profesional dan bertujuan mencari keuntungan Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan teknik analisis distribusi frekuensi. Ruang lingkup penelitian ini adalah berita yang telah diposting pada media online Vivanews.com dan Metrotvnews.com dengan menggunakan kategori yang berkaitan dengan objektivitas berita. Sehingga dapat diketahui kemunculan frekuensi dari masing-masing kategori. Dengan demikian dapat diperoleh objektivitas pemberitaan pada media online vivanews.com dan metrotvnews.com. Hasil penelitian ini dapat ditemukan objektivitas pemberitaan yang muncul pada berita di media online vivanews.com dan metrotvnews.com. Seperti kebenaran (Factualitas), Relevansi, Netralitas, dan Keseimbangan (Balance). Beberapa kategori tersebut mendominasi munculnya objektivitas pemberitaan. Akan tetapi pada kategori Netralitas, media online metrotvnews.com memiliki tingkat objektivitas pemberitaan lebih tinggi dibandingkan vivanews.com. Untuk kategori Netralitas, pada media vivanews.com jumlah adanya percampuran antara fakta dan opini wartawan, yaitu sejumlah 10 berita sebesar 66,7% sedangkan pada media metrotvnews.com hanya 3 berita yaitu sebesar 21,4%. Pada indikator tidak adanya percampuran antara fakta dan opini wartawan, media metrotvnews.com lebih banyak yaitu 11 berita sebesar 78,6% dan pada media vivanews.com berjumlah 5 berita sebesar 33,3%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan pemberitaan pada media online vivanews.com dan metrotvnews.com sebagian besar belum sesuai dengan prinsip objektivitas berita. Meskipun berita atau informasi yang disajikan sudah sesuai dengan tema yang diberitakan. Akan tetapi dalam setiap berita yang disajikan, kedua media online cenderung memihak pada sumber-sumber yang dianggap penting dan berkaitan dengan keberadaan media tersebut. Sehingga penelitian ini dapat disarankan bagi para mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, sebaiknya dalam penelitian lebih memperhatikan dan menguasai konsep objektivitas. Bagi para peneliti, disarankan untuk yang melakukan penelitian dengan tema yang sama, agar menggunakan teori dan metode lainnya, seperti analisis isi kualitatif, framing dan wacana. Agar hasil penelitian tidak sekedar membandingkan objektivitas dua media online yang berbeda, tetapi juga melakukan observasi langsung pada wartawan/redaksi. Terakhir, bagi media online dalam penyajian berita disarankan untuk menjaga nilai objektivitas dalam pemberitaannya. Untuk menjaga kredibilitas agar tidak dianggap melakukan pembodohan dan pembiasan terhadap fakta di masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 May 2016 06:19
Last Modified: 18 May 2016 06:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30302

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo